10 Perkembangan Anak 17 Bulan

khalifPerkembangan Anak 17 Bulan. Alhamdulillah anak kami Khalif saat ini beranjak semakin besar usia 17 bulan dan hampir ke 18 bulan. Tak terasa perkembangan anak sangatlah pesat. Tanpa susu formula dan hanya mengandalkan ASI, teh manis, kadang susu Ultra, kadang susu Milo, dan air putih tentunya. Khalif di usia 17 bulan begitu pintar, aktif, dan cepat berkomunikasi.

Khalif sudah disapih sejak usia 15 bulan karena istri sedang hamil lagi dan istri tak kuat untuk memberikan ASI lagi, jadi sejak usia 15 bulan total tanpa ASI. Khalif lebih sering ingin minum teh manis mungkin karena manis mengandung gula jadi dia suka. Kami sudah coba berbagai macam susu formula, dia tidak mau. Susu kemasan/kaleng untuk dewasa pun dia hanya mencoba sedikit-sedikit saja. Awalnya kami khawatir jika dia kurang gizi/asupan susu. Tapi ternyata dia baik-baik saja bahkan dibandingkan dengan teman-teman seumuran khalif, anak kami rasanya berkembang pesat dan pintar (*anak sendiri pasti dibangga-banggain ya, hehe)

Kabisa di Perkembangan Anak 17 Bulan

khalif-buku

sering naik-naik ke kursi atau benda yang bisa dia naiki. Orangtua harus semakin waspada khawatir anak terjatuh dari kursi/benda yang dia naiki

Saya amati, banyak hal yang dia sudah bisa lakukan termasuk membalas komunikasi. Berikut 10 perkembangan anak 17 bulan pada Khalif yang saya dapatkan (mungkin bisa lebih)

  1. Membalas pertanyaan orang dewasa seperti ketika diajukan pertanyaan “mau mandi ?, mau pulang ?, mau pergi ?. Dibalasnya dengan kalimat “mau” jika memang ingin atau “gak mau” jika dia memang tidak ingin.
  2. Jika keinginannya tidak di penuhi, bakalan marah atau teriak-teriak.
  3. Sudah paham jika masuk rumah bilang “kum” maksudnya “Assalamualaikum” dan bakalan cium tangan ketika saya pergi dari rumah. Dia sudah tahu cium tangan / salam dengan menyebutnya “sim” atau maksudnya salim 😀
  4. Bisa menirukan suara binatang seperti sapi (ditirukan dengan suara “moooo“), anjing (ditirukan dengan “huk huk huk“), kucing (ditirukan dengan suara “heongg“), kuda (suara kuda ditirukan dengan “cuk cuk cuk“)
  5. Bisa mengingat benda yang dikenalkan oleh orang dewasa seperti itu kereta, bis, mobil, motor.
  6. Bisa menyebutkan dan mengetahui bagian tubuh seperti mulut, hidung, gigi, kuping, mata, tangan, dan kaki.
  7. Mulai berlari-lari meski sering terjatuh.
  8. Naik turun kursi atau meja yang bisa dia panjat/naiki.
  9. Mengutarakan keinginan sendiri seperti ingin minum, makan, pipis, ee, tidur, ngantuk, dan banyak hal.
  10. Sudah bisa menyebut nama orangtua. Saya di panggil “miimmiin” (harusnya mamin). Istri dipanggil “ndi” (harusnya Sindi) 😀

Kalau dulu waktu belum bisa komunikasi dan misalkan saat anak nangis, kita masih bingung dia maunya apa. Laparkah/ hauskah/sakit kah? Nah dengan semakin pintar mengutarakan keinginan/apa yang dirasakan, banyak membantu orangtua dalam menafsirkan apa yang anak inginkan/dirasakan.

Nah, lalu bagaimana perkembangan anak Anda ?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. wah .. keren ya mas 15 bulan sdh disapih 🙂

    btw, maafkan ya mas, aku lupaaa ttg nama rumput di halaman rumah kami

    namanya Berliner Tiergarten mas rumputnya, nggak tahu ya apa di sana bisa ditemukan

    sekali lagi maafkan atas keterlambatan membalas pertanyaanya

  2. Masa perkembangan anak yang sangat disayangkan jika terlewat mengikutinya. Anak seumuran ini ibarat mainan yang sulit ‘ditinggalkan’, maunya ada dan dekat terus dengannya. Salam untuk Khalif yang menggemaskan.

  3. jadi inget anak pertama saya nich? pas umur segitu, lagi bandel2nya. apa saja maunya dipegang.

    trims sudah berbagi info soal perkembangan anak di usia 17 bulan. sebab anak saya yang kedua baru berumur 8 bulan.

    salam kenal ya mas Mamin?

    • salam kenal bang ibrahim. iya lagi aktif-aktifnya ya umur 1 tahun keatas mah. Anak pertama sekarang ada dimana emangnya?umurnya berapa?

  4. ini adalah periode peting pertumbuhan anak ya…

  5. Khalif anak yang lucu, cerdas pastinya. Anak Saya Abie usianya sudah lewat 17 bulan. Tapi ketika siusia segitu, kabisanya sepertinya nyaris sama. 🙂
    terima aksih sudah berbagi & salam.

  6. Khalif keren dan cerdas
    Salam ya dari Aa Zaki.
    Aa Zaki baru 2 tahun 2 bulan 🙂

  7. Allhamdulillah bisa memantau perkembangan anak ya

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *