2 Ciri janin usia 7 bulan

janinSeiring si Ibu semakin susah bergerak karena perkembangan janin semakin membesar, seiring itu pula janin semakin terbentuk sempurna terutama di usia 7 bulan ini. Ciri janin usia 7 bulan terbagi menjadi 2 ciri utama yaitu perkembangan fisik dan fungsi.

Perkembangan janin usia 7 bulan berkembang begitu pesat. Seperti yang dialami istri saya kala mengecek ke dokter pada minggu ke-27 berat janin masih 1200 gram dan seminggu kemudian (minggu ke-28) di cek lagi, berat janin sudah mencapai 1700 gram.

Berikut 2 ciri pertumbuhan janin usia 7 bulan dari segi fisik dan fungsi :

1. Fisik
Panjang janin berkisar 35 s.d 43,5 cm. Berat janin antara 1 – 1,75 kg. Diameter kepala 7,9 cm. Diameter panjang tulang paha 5,72cm. Alis dan bulu mata mulai tampak.

2. Fungsi
Janin sudah mampu menghisap, mendengar bunyi-bunyian, paru-paru dengan cairan didalamnya mulai mengembang dan mengempis memicu gerakan pernapasan. Hampir separuh dari bayi yang mampu mencapai usia ini akan mampu bertahan hidup jika dilahirkan *. Sehingga sangat baik memberikan janin rangsangan berupa musik tempo sedang dan mengalun merdu, rangsangan berupa suara si Ibu dan Ayah atau membaca Al-Quran bagi umat muslim 😉

Adapun gambar dibawah ini adalah perkembangan janin dari 1-9 bulan **
Kemudian untuk perkembangan janin usia 8 bulan disini

having_baby

dari buku “Having A Baby”


sumber gambar : mama-arfa.blogspot
sumber ref * : buku “Having A Baby” karya DR.Oz


Cara Cepat Hamil

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. alhamdllh,, berkat smua ini,, kami lbih mudah mengetahui kondisi bayi kami.. tq

  2. Alhmdulillh usia khmilanq dh 7bln,mhon do’ax mg saya n bby sht slu n dperlancar dwaktu persalinanx..
    Bbyq amt aktf,subhanallah moga pertanda sehat n kuat.
    Aamiin..

  3. thanks bgt informsiny,sya skrg lgi hamil 7 bulan,doa in aja perslinan bsok lncar2 sja amiiiiiinnn.

  4. sy juga lg hamil 7bln dah jln 8bln c..tp sy tkt karna org” bilang kalo perut sy ko kecil..

  5. thkz y mas,,,skrg istrii saya sdh mmasuki hmil 7 bln,smoga lancar mlahirkan nnti,,

  6. modern classic furniture
    October 11, 2012 - 2:15 pm

    amazing…thanx for share here…

  7. usia kandunganku memasuki 28 mggu , kemarin pas USG posisi kepala’a masih di atas berat janin 1,5 kg , apakah itu normal ???

    • salam bu mariah. Balasan dari saya ini murni berdsarkan pengalaman istri saya saja ya karena saya bukan dokter :). itu tergolong normal bu. berarti janin posisinya sungsang. dan tentu posisi janin bisa berubah kok bu, sampai sekitar usia 34 minggu itu janin berubah-ubah. usia 34 minggu keatas posisi janin relatif tak akan berubah lagi. usia 28minggu udah boleh ikut senam hamil kok bu. atau untuk teknik mengatasi bayi sungsang bisa dilihat di http://maminxblog.com/3-tips-mengatasi-sungsang/
      Biasanya sih pas usg ke dokter kandungan, kan dikasih tahu tuh ama dokter dengan berat janin segitu tergolong normal atau tidak, dan lainlain

  8. Daniel Maulana
    June 14, 2012 - 7:54 pm

    subhanallah… baru tau saya

  9. thanks buat ilmu dan informasinya terus berkarya bermanfaat duniat akhirat aminn

  10. wah udah 7 bulan ya kang.. bentar lg neh insya allah.. sing gengser w kang.. sehat ibu n dd na 🙂

  11. makin jelas ya bentuknya,gak sabar ya Mink

  12. pasti skrg ini maminx lagi suka ngajak ngomong janin dalam kandungan isteinya ya..?
    atau malah lagi suka bersenandung…?
    sstt…kalau nyanyi jgn fals ya tar bayinya protes
    hihihi….

    • he ngajak ngobrol mah udah sejak lama teh :D. untung saya sadar suaranya pales, jadi gak pernah nyanyi, hehe

  13. subhanalloh…semua mukjizat yang maha kuasa,
    tapi terkadang masih saja ada ibu yang tega menyakiti anaknya yaa…

  14. estimasi kapan lahirannya gan??
    siaga terus yakk….

    • insyaAllah Juli akhir bang…siap bang mohon bantuannya ya ilmu2nya n pengalamannya disharing 😀

  15. Pendar Bintang
    May 15, 2012 - 9:32 pm

    Saya percaya Mas Maming ini emang suami yang siaga ya….sampai mengerti masalah ini lbh dari seorang calon ibu, ha ha ha..kan kalau menegrti beginian jadinya know what to do pada sang istri….beruntung dech istrinya 🙂

    • hehehe baca2 aja dari buku. istri yang mengalami, saya yang melaporkan melalui blog ini 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *