2 ciri perkembangan janin 8 bulan

usia8bulanSeperti pada postingan saya tentang 2 ciri usia janin 7 bulan, maka berikutnya adalah ciri janin usia 8 bulan sesuai usia kehamilan istri saya saat ini, 8 bulan. Itu berarti jika lancar insyaAllah satu bulan lagi istri saya akan melahirkan, amin..

Selain banyak persiapan yang harus dilakukan, tak lupa gizi dan asupan makanan si Ibu harus lebih diperhatikan. Perkembangan janin usia 8 bulan lebih banyak pada perkembangan otak. Baiklah berikut 2 ciri utama perkembangan janin usia 8 bulan.

1. Segi fisik
Berat janin sekitar 2.4 – 3 Kg. Kira-kira sebesar buah semangka yang matang. Panjang tubuh janin sekitar 38 – 45 cm.

2. Segi fungsi
Gerak bayi semakin sering / tendangan bayi semakin jelas dan sering terasa, otak berkembang sangat cepat. Mata bayi sudah mulai bisa membuka dan bergerak dan dapat mengikuti arah sinar. Tulang pada tubuh bayi sudah mulai mengeras, berkembang dan padat.

Saran bagi si Ibu :
1. Asupan makanan dan gizi harus lebih ditingkatkan mengingat otak pada usia janin 8 bulan sedang berkembang sangat pesat. Sehingga si Ibu bisa memerbanyak makan buah-buahan, cukup minum air mineral dan susu. Adapun selingan makanan sehat bisa dengan korma/kurma, dan madu.

2. Rutin melakukan senam hamil dan olahraga ringan seperti jalan kaki di sore/pagi hari dimana udara masih fresh.

Bagaimana adakah yang ingin rekans pembaca share untuk perkembangan janin ? silakan ya..:)

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. saya hamil jalan 8 bulan, koq gerakannya udh kurang trasa yaaa, ,. ap gak ad masalah?? kaki bengkak, makan kurang selera

    • Halo bu, ya tidak apa-apa kok makin besar janin/makin dekat melahirkan ya biasanya bayi gak banyak gerak kan. Kecuali tar pas bulan ke-9 baru mulai terasa kontraksi-kontraksi tanda mau melahirkan. Silakan cek ke dokter kandungan Bu. Terima kasih.

  2. sy punya keluhan d usia 8 bln ini,sy sering mengalami kontraksi hebat tp setelah sy periksa kebidan,memng sudah ada pembukaan 2,tp seiring waktu berjalan 2 hr pembukaan itu tidak kunjung bertambah,tp kontraksi terus menerus…
    harus bagai mana ini?????

    • usia 8 bulan ya bu. Memang sudah bisa untuk melahirkan sih. Istri saya dulu juga dari pembukaan 2 ke selanjutnya lama banget. Jadinya dilakukan induksi untuk merangsang mulas supaya pembukaannya nambah. Istri saya juga dulu sampai 4 hari gitu nunggu pembukaan nambah lagi. Ya memang ada yang cepat ada juga yang lama proses pembukannya. Nah ibu Aini juga mungkin ngalamin hal yang sama. Coba sambil jalan-jalan sekuatnya aja bu sama lakukan gerakan senam hamil yang ringan aja. Yang sabar ya bu..

  3. Amink, kandungan saya udh jln 9 bln nih,, tpi grakannya udh jrang trsa.
    Beda ama blan2 yg lalu,, tendangannya,gerakannya sgt aktif, knpa sih bg2?
    Mnta jwabannya ya..
    Di tggu

    mksih

  4. saya juga hamil 7 bulan neh,sudah merasa sumpek sih ..tapi nikmatin aja 😀 karena pemberian sekaligus amanah dari ALLAH

  5. modern classic furniture
    July 16, 2012 - 11:56 am

    bagus artikelnya…makasih udah share ya..

  6. Salam kenal mas amink, oya aku skrg hamil 7 bulan.
    Yg buat aku ga kuat , janin ini berat bgt aku rasa, wktu 6 bulan berat nya udh 1kg, skrg ga tau brp kg, aku bhkn ingin cepat2 ngelahirin si baby ini ke dunia, apakah itu baik mas amink? Apakah usia janin 7 bulan ini udh bisa lahir?????

    • wah jangan atuh, itu berarti prematur donk. temen aku pernah karena kondisi tertentu prematur 7 bulan. alhamdulillah bayi lahir selamat tapi bayinya di inkubator dan harus tetep di rs selama 2 bulan karena masih rentan. Baiknya disyukuri aja mbak hamilnya, banyak orang yang pengen hamil tapi gak hamil kan. kalau berat janin melebihi batas normal, bisa kok diet hamil tentu harus konsultasiin ke dokter kandungan nya mbak. makasih 🙂

  7. jadi pengen hamil nih

    semoga semuanya berjalan lancar ya dengan persalinannya

  8. alhamdulillah, tinggal menghitung hari kang.. 8 bulan kondisi bumil lagi fit n bagus loh.. rasakan gerakan bayi yang intens nendang2 jadi inget masa-masa itu hahay sekarang suasana udah beda karena anak udah lahir.. gud luck kang 🙂

  9. Sakedap deuiiii….ah pastinya menyenangkan Minx, semoga sehat selalu^^

  10. sebagai lelaki saya juga harus tau hal macam gini . 😀

    tapi saya belum kawin.. 😀

  11. wah….dah mau deket2 lahiran nih minx, siap siaga yaa….
    btw nanti jangan lupa di posting tanda-tanda ketika sibayi mau lahir yak…

    • hehe bener banget bung aming siap tar diposting perihal tanda2 mau lahiran 😀

  12. sebulan lagi ya mink, semoga lancar ya. jangan lupa kabarin ya kalau istrinya melahirkan. oh ya mana nomor hpnya? 🙂

  13. sudah 8 bulan ya mas… berarti sebentar lagi nambah deh anggota kelurganya disitu..

    semoga lancar jaya ya mas

  14. Wah sebentar lagi i baby akan keluar ya.
    Semoga diberikan kekuatan dan kesehatan saat hari H tiba ya… Siap-2 begadang.

    • hee amin..makasih ya mbak. iya nih siap jadi suami siaga 😛

      • Mas amink, mw nanya donk, usia kandungan sya udh jln 9 bln, tpi ko tendangan,grkannya udh jrang trasa..
        Tpi klo tonjolan2 kcil, msi krasa..
        Knpa si mas bg2?
        Mnta infonya ya mas

        • oh ya donk mbak. menurut pengalaman kehamilan istri saya, normal itu karena kan janin udah makin gede apalagi udah mau 9 bulan, itu posisi janin relatif sudah menetap dan tentu gak seaktif waktu janin ukurannya masih kecil dimana sering gerak/nendang. Makanya karena janin udah relatif menetap/ gak banyak gerak, masih ada sedikit rasa nonjok2 dari janin. Insyaalloh semoga lancar ya persalinannya, amin..:)

      • Smg proses melahirkannya lancar ya mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *