2 keutamaan kurma untuk ibu hamil

kurmaSaat ini usia kehamilan istri saya adalah 39 minggu 4 hari yang berarti normal nya, 2-3 hari lagi bayi akan lahir. Dan jelang lahiran ini, entah mengapa dia jadi enggan atau merasa mual ketika makan nasi, persis seperti keluhan yang terjadi di trimester awal.

Sehingga untuk mengatasinya dia lebih sering makan buah-buahan, kelapa beserta air nya, dan satu lagi makanan yang sangat khasiat, banyak manfaat, dan insyaAlloh bisa melancarkan proses persalinan, yaitu buah Kurma. Baik kurma kering (Tamr) maupun kurma basah (ruthab) memiliki keutamaan. 

Keutamaan Kurma untuk Ibu Hamil

Berikut 2 keutamaan kurma untuk ibu hamil terutama untuk ibu yang akan melahirkan.

1. Buah kurma kaya unsur Kalsium, besi, dan mengandung vitamin A, karbohidrat yang mengandung glukosa dan fruktosa, fiber, kalsium, kalium, vitamin B kompleks, magnesium, dan zat besi. Zat besi dan Kalsium merupakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, juga pertumbuhan tulang si Ibu sendiri. Itulah mengapa saat hamil, si Ibu dianjurkan rutin minum susu. Adapun zat besi bermanfaat mengatasi kurang darah atau anemia dan pusing-pusing yang kerap dialami ibu hamil pada trimester awal sampai akhir.

Ibu yang akan melahirkan sangat butuh unsur gula yang banyak. Apalagi seperti yang dialami istri saya jelang kelahiran ini, dia merasa malas makan dan dokter mengatakan harus semakin banyak minum teh manis atau kurma supaya janin tetap menerima asupan yang sehat dan memberikan gerakan setiap 30 menit.

Tak salah dokter menyarankan untuk makan kurma karena karbohidrat pada kurma yang mengandung gula glukosa dan fruktosa sangat mudah diserap tubuh dan mampu menggantikan energi yang hilang dan menambah kekuatan pada saat persalinan. Itulah mengapa ketika kita berbuka berpuasa, dianjurkan untuk memakan buah kurma terlebih dahulu.

Adapun vitamin A di kurma dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

2. Kurma mengandung hormon potuchin yang berfungsi untuk mengikat rahim dan otot rahim sehingga mengurangi pendarahan pasca melahirkan. Ada juga hormon oxitosin yang membantu kontraksi otot rahim sehingga memermudah persalinan.

Dan sebenarnya masih banyak keutamaan kurma dipandang dari unsur / zat yang terkandung dari buah kurma seperti serat/fiber nya yang mampu melunakkan usus sehingga memerlancar untuk buang air besar, dan lain-lain.

Referensi terkait : http://honeyizza.wordpress.com/2012/01/26/manfaat-kurma-dan-madu-untuk-ibu-hamil/

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. sekarang saya lagi hamil 30 minggu,dan Alkhamdulillah puasa saya lancar sampai hari ini,setiap buka puasa saya juga mengkonsumsi buah kurma,apa benar kurma bisa memperlancar persalinan????apakah bagus juga bila saya mengkonsumsi kolak tiap hari???

    • Alhamdulillah istri saya lancar2 saja waktu melahirkan meski dibantu induksi. dan saat mau melahirkan pun istri saya rutin ngonsumsi kurma atau teh manis. mengapa yang manis2? karena itu bisa ganti tenaga yang hilang nanti dan pas mau lahirkan nanti, akan terasa males untuk makan. makanya dianjurkan makan yang manis2, kurma salah satunya dan bnyak manfaat seperti yang udah diulas diatas. insyaAllah kolak bagus2 aja ko, silakan aja konsultasikan ke dokter kandungan nya mbak :)

  2. Alkhamdulillah setiap hari selama puasa saya mengkonsumsi buah kurma,tapi apakah bagus juga bila saya mengkonsumsi kolak setiap hari??????

  3. RIKA NURUL ALAM ZARIR
    July 28, 2012 - 4:52 pm

    Aku sedang hamil jalan 1 bulan, aku malah ngidam pengen minum air zamzam sama kacang arab… Aku jarang konsumsi kurma,tapi atas informasi’y nanti aku coba.. Mudah”an calon anak ku menjadi anak yang soleh dan solehah….. “AMIN”

    • amin..mudah2an ya lancar dan anaknya kelak jadi anak soleh/solehah, amin ya Rabbal Alamin :)

  4. betull..saya skrg sedang hamil 35 minggu dan lebih senang konsumsi buah kurma katanya bagus untuk ibu hamil..apalagi kl ditambah minum air zam – zam ya..he3..

  5. yups bener banget kang kurma memang bagus untuk ibu hamil.. sari kurma nya juga sama aja.. wah senengnya welcome to zona ayah hehe.. biar kita bisa sharing bareng :)

  6. aku ga suka kurma !! :( klo nanti hamil di ganti apa yaa 😀

  7. modern classic furniture
    July 14, 2012 - 9:28 am

    thanx infonya yaa…:)

  8. Bibi Titi Teliti
    July 13, 2012 - 11:05 pm

    Lhoooo…
    istrimu hamil Minx?
    selamat yaaah…moga lancar dan sehat semua yah…

    aku malahan baru tahu tentang kurma ini lhooo…
    *langsung berasa tidak gaul*

    • wah bi titi kmn aja atuh. bukan hamil lagi tapi tinggal menunggu wktu lahiran ini teh, hee..moga2 lancar ya doain, amin..:)

  9. aku makan kurma paling banyak cumadua bisanya, manis sekali soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *