3 cara mengatasi gatal kehamilan 3 bulan

menyapihLama tak update blog. Kali ini saya akan datang dengan bawa kabar perihal kehamilan lagi. Alhamdulillah kami diberikan kepercayaan atau titipan dimana sekarang istri saya sedang hamil anak ketiga :). Mudah-mudahan diberikan kesehatan dan kelancaran. Nah ternyata pengalaman yang dirasa saat dulu sedang hamil anak pertama, kedua, dan ketiga ini berbeda-beda.

Usia kehamilan istri sekarang menginjak 3 bulan dan di usia ini istri sering mengalami gatal-gatal (ini tidak dialami waktu kehamilan anak pertama & kedua). Jika pada umumnya masalah kehamilan trimester awal adalah morning sickness seperti mual dan muntah, namun lain halnya dengan yang dialami istri saya. Memang di awal-awal sempat mual muntah namun tidak berlangsung lama, hanya beberapa hari saja. Tapi gatal-gatal di badan, kaki, tangan, dan area tubuh lainnya dialami istri saya cukup sering pada kehamilan usia 3 bulan ini. Menurut dokter ternyata itu memang karena hormonal.

Cara Mengatasi Gatal

Awalnya untuk meredakan gatal, istri mengkompres area yang gatal dengan air hangat atau bahkan mandi dengan air hangat. Akan tetapi setelah berkonsultasi dengan dokter, ternyata itu cara keliru. Yang benar adalah ada 3 cara mengatasi gatal kehamilan 3 bulan berdasarkan saran dokter dibawah ini :

  1. Gunakan/oleaskan area yang gatal dengan lotion/pelembab. Saat ini istri dapat menggunakan lotion seperti baby oil atau pelembab biasa untuk wanita. Istri lebih memilih menggunakan baby oil karena katanya ada sensasi hangat setelahnya. Caranya cukup oleskan ke area yang gatal dan jangan menggaruk area yang gatal karena jika terlalu sering digaruk, dapat menyebabkan luka
  2. Mandi dengan air dingin. Jika sebelum konsultasi ke dokter istri saya malah mandi dengan air hangat, ternyata air hangat tidak akan mengatasi gatal, bahkan mungkin dapat menambah rasa gatal. Maka yang benar adalah mandi dengan air dingin atau cara lainnya kompres daerah gatal dengan air dingin melalui handuk atau kain.
  3. Menggunakan pakaian yang longgar. Seperti diketahui kalau yang lagi hamil pasti sering merasa gerah dan lebih mudah berkeringat. Jika keluar keringat biasanya akan mengalami gatal. Maka solusi untuk mengurangi keringat yaitu menggunakan pakaian yang longgar disesuaikan dengan ibu hamil, seperti pakaian berbahan katun, daster, dan lainnya yang sekiranya nyaman dan tidak membuat gerah.

Itulah 3 cara mengatasi gatal kehamilan 3 bulan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *