3 masalah atau keluhan hamil trimester akhir

keluhan hamil trimester akhirUsia kehamilan istri saya sudah menginjak 6 bulan lebih atau 26 minggu, artinya sudah memasuki tahap trimester ke-3 atau trimester akhir. Pada trimester akhir ini beberapa masalah yang diawal-awal sering dialami seperti muntah/mual dan pusing-pusing sudah tidak dirasakan lagi.

Namun masalah / keluhan tetap ada hanya berbeda dengan masalah kehamilan pada bulan-bulan sebelumnya. Klik disini untuk mengetahui masalah kehamilan secara umum.

Nah Berdasarkan pengalaman istri dan pengamatan saya, berikut tiga masalah atau keluhan hamil trimester akhir.

1. kegerahan berlebih / selalu merasa gerah dan berkeringat berlebih
Hal ini maklum karena janin semakin berkembang dan besar mengakibatkan suhu tubuh si Ibu pun meningkat dan Ibu semakin berat membawa janin sehingga semakin cepat letih dan mudah berkeringat. Begitupun yang terjadi pada istri saya. Bahkan ketika tidur, meski AC kamar sudah dilevel 16 dia tetap saja kegerahan dan berkeringat padahal saya sudah menggigil kedinginan, hehe. Kegerahan ini pun menyebabkan sang Ibu sulit untuk tidur dan seringkali terbangun, namun tetap sabar dan dinikmati saja ya ;). Disini cara mengatasi keringat saat hamil tua

2. Sering buang air kecil.
Bisa dikarenakan sering minum air dan juga konsumsi obat / vitamin. Selain itu menurut sumber kompas karena kandung kemih akan semakin tertekan oleh rahim yang membesar sehingga kapasitasnya berkurang. Sementara produksi urine bisa normal atau sedikit meningkat dan kapasitas kandung kemih berkurang, maka secara fisiologis akan timbul rasa buang air kecil lebih sering. Yang pasti jangan biasakan menahan untuk buang air kecil karena akan memudahkan Ibu terkena infeksi kandung kemih yang akan meningkatkan risiko melahirkan prematur. *

3. Susah buang air besar (BAB) atau konstipasi
Masalah susah Buang air besar / konstipasi ini ada yang terjadi di trimester 1,2 atau 3. Kebetulan Istri saya semakin merasa susah Buang air besar di trimester 3 ini. Penyebabnya adalah adanya penekanan rahim yang membesar di daerah perut dan peningkatan dari hormone progesterone yang menyebabkan relaksasi otot dan memperlambat pergerakan usus sehingga buang air besar lebih sulit. **

Solusinya adalah banyak minum air putih, makan sayuran dan buah-buahan berserat. Tapi jika masih susah BAB, bisa ditambah dengan minum yakult atau yoghurt seperti yang dilakukan oleh istri saya, tentunya dengan terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter kandungan Anda karena bisa jadi minuman itu tidak diizinkan oleh dokter.

Ada juga beberapa wanita hamil yang mengalami sesak napas. klik disini untuk mengetahui mengapa dan bagaimana solusi mengatasi sesak napas.

Baca disini juga untuk mengetahui masalah atau keluhan kehamilan usia 8 bulan


sumber gambar : majalahkesehatan
referensi * : female.kompas
referensi ** : infoibu

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Bunch of thanks for sharing this interesting and informative post. Keep it up

  2. bahaya apa tidak kemaluan terasa nyeri dan sering buang air saat hamil tua?
    tolong ksih tahu penyebab dan solusinya

    trimakasih

    • insyaAllah tidak bahaya. terasa nyeri karena kan janin sudah mendekati (maaf) vagina. istilahnya udah mau keluar gitu janin nya. solusinya paling ikutin senam hamil aja. kalau terasa nyeri mah pasti ko. makasih. semoga lancar2 ya proses persalinan nanti, amin..

  3. hehehe beser w nya kang sabar kang sakedap deui mugia lancar.. resep geura upami tos lahir mah aya tambahan damel..nyaeta nyesehan popok 😀

  4. tambah pengetahuan nih salam kenal mas

  5. salam buat istri ya Minx, semoga sehat selalu sampai melahirkan nanti 😉

  6. ntar kalo saya udah punya bini
    bakal saya suruh baca tulisan semacam ini
    hehehe

  7. kalau mengingat pengalaman waktu hamil bikin sedih
    hamil 4 bln sakit panas hrs dirawat di rs,hamil 7,5 bln sakit panas lg dan hrs dirawat di rs lg sampai hrs melahirkan prematur…hiks

    • sing tabah yo mas.. sing penting baby nya sehat

    • wah ternyata penuh perjuangan ya mbak. alhamdulillah tapi udah terlewati ya perjuangannya meski melahirkan prematur. Pasti sakit ya udahnya?

  8. Alhamdulillah aku ga ada keluhan, masih wajar saja tetep beraktifitas, meskipun berbadan 2..
    Ingat Minx, wanita yang hamil akan mengalami perubahan tubuh menjadi nduuut, atau perubahan emosi,..
    Jadi harus tetep sayang nyaa melihat perubahan ituu

    • alhamdulillah atuh teh klo gak ada keluhan mah ya. wehehe istriku emang udah endut sih jadi ud biasa, wkwkkw. ndut/gak tetep sayang kok, hihi so swit ya :P.

  9. biasanya perubahan atau keluhan berbeda tiap ibu hamil ya

  10. hamil, banyak perubahan yang dialami tubuh perempuan,
    kehidupan baru sedang bertumbuh dalam rahimnya,
    setelah melahirkan, tangis pertama akan menghilangkan semua sakit yang dirasa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *