3 Masalah Kehamilan Kedua Usia 3 Bulan

img src : infoimunisasi.com

Masalah kehamilan kedua usia 3 bulan yang dirasakan setiap ibu hamil biasanya berbeda-beda. Begitupun istri saya yang kehamilannya menginjak usia 3 bulan. Jika pada kehamilan pertama saya pernah mengulas 7 masalah kesehatan pada wanita hamil seperti mual dan muntah/morning sickness, pegal-pegal, kram, buang air besar tidak lancar, dan lainnya.

Namun pada kehamilan kedua ini, masalah yang dihadapi relatif tidak sehebat saat kehamilan pertama. Seperti saat ini hampir tidak merasakan mual dan muntah. Namun ada 3 masalah yang sering dirasakan istri pada kehamilan kedua ini antara lain :

  1. Pegal punggung dan pinggang. Seiring kandungan semakin besar, seiring itu Ibu menopang beban semakin berat sehingga mengakibatkan pegal punggung dan pinggang. Ditambah dengan anak pertama, Khalif (15 bulan) masih sering minta untuk digendong dan ketika rewel sering minta ditimang-timang dipangkuan ibunya, semakin mengakibatkan istri mengalami pegal lebih dari biasanya.
  2. Pusing-pusing. Penyebab pusing adalah karena kurang kadar gula dalam darah ataupun penyempitan pembuluh darah.
  3. Cepat cape/letih. Penyebabnya pada trimester pertama (3 bulan pertama), terjadi perubahan hormon yang drastis yaitu hormon progesteron yang menyebabkan cepat cape/letih. *

Solusi Masalah Kehamilan

Berikut solusi untuk mengatasi pegal-pegal, antara lain :

  1. Rebahan dengan nyaman di kasur atau kursi sambil memijat-mijat pinggang/punggung.
  2. Meninggikan posisi kaki. Bisa seperti melakukan gaya lilin atau menyangga kaki dan betis dengan bantal. Ketika melakukan gaya lilin, tentu bukan seperti berolahraga, melainkan kaki yang diangkat haruslah disandarkan pada tembok/dinding. Jadi sambil mengangkat kaki tinggi seperti gaya lilin, sandarkan kaki tersebut ke tembok/dinding.

    posisi gaya lilin

    Saran ini diperoleh dari paraji/dukun beranak dan sudah dicoba sejak kehamilan pertama istri saya hingga kehamilan kedua ini dan hasilnya ampuh mengatasi pegal punggung dan pinggang.

Adapun solusi mengatasi pusing antara lain :

  1. Beristirahat cukup.
  2. Tidak bangun secara langsung dari posisi tidur.
  3. Makan dalam porsi sedikit tapi sering lebih baik dibandingkan makan banyak namun jarang. Jika makanan berat merepotkan, bisa dibantu dengan cemilan sehat seperti biskuit.
  4. Minum teh manis, jus buah, atau makan buah-buahan.
  5. Tidur menyamping, jangan terlentang. Jika tidur terlentang, berat rahim akan menekan pembuluh darah yang disebut pembuluh balik besar (vena cava). Tekanan yang ditimbulkan akan memerlambat darah yang kembali ke jantung sekaligus mengurangi aliran darah dari rahim kepada bayi. Berbaring menyamping akan lebih baik karena lebih banyak darah akan mengalir kedalam rahim. (Having A Baby Hal. 82. Dr Oz.)

Referensi tentang cape/letih ibu hamil * : nutriclub.co.id


Comments

  1. makasih mas.. mungkin nanti bsa saling sharing hehe usia kandungan anak kedua saya saat ini juga mungkin mau menginjak 3 bulan..

  2. Saya vinny,saya mau tanya,saya prnah mngalami sperti keguguran wktu mnginjak usia 3 bulan kandungan saya,,darah ny keluar menggumpal2 hitam…trus stlh itu saya dan suami saya tdk brhubungan seks dulu,krna bulan puasa,yg mau sya tanyakan,pas bulan 9,perut saya semakin besar stlh d periksa,trnyata kehamilan saya udh masuk 7 bulan? Apakah bayi saya tidak knapa2 ?

    • kemungkinan itu bisa karena ada kista (kista nya meluruh/hilang), ada pembersihan rahim, atau ada penyusutan dari penebalan dinding rahim. Jadi insyaalloh tidak apa-apa

  3. jangan lupa perhatian sama istri hehehe

  4. Sudah dapat pengalaman pas hamil pertama ya, Pak.
    Semoga isteri dan bayi sehat selalu, ya. 🙂

  5. Sudah dapat pengalaman pas hamil pertama ya, Pak.
    Semoga isteri sehat selalu, ya. 🙂

  6. Waaah..Selamat ya pak si nyonya sudah hamil lagi, semoga adiknya Khalif perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *