3 Periode Perkembangan Anak 3 sampai 12 bulan

Tak terasa anak kami khalif sekarang hampir berusia 14 bulan. Rasanya belum lama saya lihat anak masih belum punya gigi, lebih sering tidur, belum bisa tengkurap, belum bisa balas komunikasi, dan lainnya. Sekarang alhamdulillah banyak sekali tingkah dan perubahan / perkembangan anak kami.

Jika artikel sebelumnya mengulas perkembangan satu sampai dua bulan, berikut periode perkembangan bayi dari 3 sampai 12 bulan

Usia 3-4 bulan

Penglihatan dan respon semakin membaik, seperti sudah bisa memberikan senyum balasan, membalas komunikasi dengan mengoceh atau kalimat seadanya. Anak juga sudah semakin mahir mengangkat kepalanya, dan mereka semakin aktif mulai bisa merangkak dengan menggeser (menggeret) badannya (bukan merangkak dengan kaki).

perkembangan anakKemudian mereka mulai senang memegang sesuatu/benda yang mudah dia gapai dan bisa memukul-mukul sesuatu dengan tangannya. Meski komunikasi bayi belum lancar, namun sangat disarankan untuk rutin mengajak ngobrol bayi atau memberikan rangsangan positif seperti menceritakan sesuatu/dongeng, baca qur’an, dan lainnya.

Usia 5-7 bulan

Anak sudah semakin lihai berguling-guling dan semakin mahir merangkak saat memasuki usia 7 bulan. Tangan semakin lihai menggapai sesuatu dan memasukkan benda yang dipegangnya kedalam mulut. Posisi tidurnya pun sudah semakin beragam, dari miring kanan, miring kiri, hingga tengkurap.

posisi-tidur tidur anak perkembangan anak

Tentu tinggi badan bayi berubah dan biasanya bayi menjadi agak kurus, mungkin karena aktif bergerak. Di rentang usia 5-7 bulan ini, bayi bisa duduk meski belum stabil, sehingga perlu dipegangi oleh orang tua atau dewasa.

Usia 8-12 bulan

anak berdiri

mencoba berdiri

Di usia 8 bulan, anak sudah dapat berguling untuk kemudian duduk sempurna namun tidak lama dia akan roboh lagi. Di usia 9 sampai 10 bulan barulah dia sudah dapat duduk dengan stabil dan sudah mencoba untuk berdiri. Temanilah anak ketika dia mencoba untuk berdiri karena khawatir terjatuh atau terjengkang kebelakang atau kepala terbentur lantai. Rentang usia 8 sampai 12 bulan ini anak sangatlah aktif karena dia sudah merasa dapat melakukan banyak gerakan seperti :

  1. Bisa memberi isyarat ingin dipangku atau digendong.
  2. Bisa memberi isyarat ketika ingin main keluar atau jalan-jalan keluar.
  3. Menunjuk benda atau sesuatu yang ingin dia pegang atau dimainkan sambil mengeluarkan suara “tuhhhh
  4. Mulai bisa minum sendiri (dengan sedotan) dengan magmag atau air kemasan dalam gelas.
  5. Berdiri dengan terlebih dahulu memegang sesuatu sebagai pegangan.
  6. Menjelang usia 12 bulan, dia mulai berjalan 1 sampai 5 langkah saja.

Lalu bagaimana perkembangan anak Anda ?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Wah… pasti menyenangkan sekali mengikuti perkembangan si Buah hati.. 😀

  2. waktu cepat banget berlalu ya mas …. tahu tahu ntar sdh mau masuk TK deh 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *