3 pertimbangan memilih wallpaper atau cat tembok

Memiliki rumah adalah idaman semua orang karena sesuai sifat dari rumah selain tempat untuk bernaung/berlindung, rumah juga dapat menjadikan kita kembali kepada gairah dan semangat disaat lelah kerja atau beraktivitas. Keadaan rumah yang demikian selain ditentukan oleh orang didalam rumahnya, juga dapat ditentukan oleh warna dan motif dinding rumah. Dalam hal ini cat dinding dan wallpaper adalah dua komponen pembentuk warna dan motif dinding rumah tersebut.

Pengalaman ini kami alami saat akan menempati rumah di Serpong. Setelah rumah kami kontrakkan, banyak dinding bolong bekas paku dan retak disana-sini. Kondisi tersebut memaksa kami untuk merenovasi dinding rumah apakah itu di cat ulang atau diberikan wallpaper. Survey pun dilakukan, untuk mengecat seluruh isi rumah (tipe 45/84), dibutuhkan biaya 2,5 – 3juta. Sementara dengan wallpaper, dikarenakan sedang ada promo jadi biayanya 2,8 juta. Dikarenakan biaya wallpaper tak jauh berbeda dengan mengecat dinding, kami akhirnya memilih memberikan wallpaper untuk dinding rumah. Adapun 3 pertimbangan memilih wallpaper┬ábagi kami adalah :

pertimbangan memilih wallpaper

dinding utama menggunakan wallpaper bercorak

1. Harga dan adanya promo wallpaper
Seperti yang telah disebutkan, jika mengecat isi rumah dibutuhkan biaya 2,5-3 juta. Sementara wallaper 2,8 juta. Dibutuhkan sebanyak 28 roll yang setiap roll nya berukuran 0.5×10 meter. Karena ada promo wallpaper, jadi harga tiap roll adalah Rp90.000-100.000 (harga normal Rp200.000). Perbedaan harga yang tidak jauh antara cat dan wallpaper itulah sehingga kami memilih wallaper. Untuk wallpaper standar per-roll harganya antara Rp200.000-400.000. Sementara untuk wallpaper yang kualitas super tentu harganya lebih mahal.

2. Wallpaper tahan lama dan mudah dalam pemasangan.
Untuk mengecat isi rumah berukuran 45, dibutuhkan waktu satu minggu sementara dengan wallpaper hanya membutuhkan waktu 2 hari saja. Proses cat lebih lama karena harus menunggu cat kering dan wallpaper tahan lama sekitar 5 tahun , sementara cat mungkin hanya 2 tahun saja. Sehingga meskipun harga wallpaper lebih mahal namun kita sudah berinvestasi karena tidak sering mengganti wallpaper.

3. Wallpaper mudah dibersihkan
Pertimbangan ini penting bagi keluarga yang memiliki balita atau anak kecil.

dinding keseluruhan menggunakan wallpaper polos

Coretan dinding atau tangan berminyak bekas anak memegang sesuatu atau makanan, akan dengan mudah dibersihkan ketika dinding menggunakan wallpaper, tinggal di lap kain basah saja, wallpaper pun bersih kembali. Dan mungkin akan sulit menghilangkan kotoran atau coretan jika dinding menggunakan cat tembok.

Itulah 3 pertimbangan kami memilih wallpaper dibandingkan cat tembok untuk dinding rumah. Bagaimana dengan Anda?


Comments

  1. Esa Rijal (@esarijal)
    July 25, 2013 - 11:07 am

    jadi rencananya mau dikasih wallpaper seluruh ruangan bos?

  2. lebih aet pakai wallpaper atau pakai dinding polos aja ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *