3 Tips Hemat Belanja Online

img:rahyana.wordpress

img:rahyana.wordpress

Tidak terasa lebaran sebentar lagi. Lebaran selain identik dengan puasa dan bulan penuh berkah, juga sangat identik dengan namanya belanja. Di akhir menjelang Ramadhan ini, kita bisa temukan kegiatan belanja yang semakin ramai dan meningkat. Beberapa hari lalu saya baca di koran Kompas bahwa omset pedagang tahun ini cenderung menurun. Namun berkah peningkatan omset penjualan justru dirasakan oleh toko online. Ya, toko online memang sedang booming, karena kita tidak perlu repot macet-macetan atau berdesak-desakan untuk belanja kebutuhan kita. Teknologi internet memudahkan kita untuk melakukan aktivitas belanja. Tinggal duduk di depan smartphone, tablet, komputer atau laptop yang tersambung internet, dan kita bisa berselancar ria di dunia maya. Berkunjung dari satu web ke web lain, melihat-lihat berbagai barang dan jasa yang menarik dan diinginkan untuk dibeli.

Belanja online via internet itu mudah, efisien dan praktis. Kita tidak perlu meninggalkan rumah, kantor, sekolah atau tempat kongkow untuk memesan barang yang diinginkan. Bahkan kita bisa membeli barang saat sedang berada di jalan atau berada di tempat yang jauh dari pusat perbelanjaan sekalipun. Barang yang dibeli akan sampai langsung di rumah, praktis dan nyaman, hemat uang bensin dan parkir. Selain itu jika beruntung kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Karena biasanya selalu ada program diskon yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce setiap minggunya.

toko onlineNamun kemudahan-kemudahan tersebut, sering kali membuat seseorang menjadi kalap atau tidak dapat terkontrol saat belanja. Apalagi saat melihat barang-barang diskon yang sudah lama diinginkan, bisa-bisa belanja akan menghabiskan uang ratusan hingga jutaan rupiah karena tidak sadar telah berbelanja banyak. Apalagi jika ternyata barang yang dibeli sebenarnya tidak sedang diperlukan atau bukan kebutuhan yang mendesak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi kita yang ingin berbelanja untuk tidak terlena saat belanja di toko online.

Tips Hemat Belanja

Lalu bagaimana caranya agar saat belanja online kita dapat mengkontrol diri serta bisa lebih hemat dan tidak kalap? Berikut 3 tips hemat belanja online dari Shopious.com.

  1. Fokuskan pada apa yang akan kita beli. Cukup melihat produk atau barang yang memang kita perlukan dan jangan melihat barang lain. Jika sedang perlu membeli tas, jangan lantas tergoda melihat sepatu dan baju, cukup tas saja.
  2. Buatlah limitation atas budget. Batasi jumlah uang yang dapat kita gunakan untuk belanja. Dengan membuat batasan budget ini, secara otomatis akan mengeliminasi barang-barang yang tidak perlu.
  3. Lakukan perbandingan harga dari satu toko online ke toko lain. Saat berbelanja online, jangan ragu untuk mencari informasi toko online mana yang menjual barang paling murah.

Dari tips diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa saat belanja kita harus benar-benar dapat mengontrol diri sendiri. Selalu tanamkan untuk belanja barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Jika sering belanja dengan kartu kredit, cukup gunakan satu kartu kredit saja supaya tidak terlalu pusing dengan tagihan yang datang dikemudian hari. Selain itu juga, selalu cari tahu informasi jika barang yang inginkan di toko online seperti Lazada, Shopious, elevania, blibli, Zalora, dan toko online lainnya apakah sedang ada diskon atau tidak. Tentu dengan adanya diskon, bisa membantu kita mendapatkan barang dengan harga lebih murah bukan ?

Bagaimana kegiatan belanja rekan sekalian ?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Budget THRnya ini yang perlu di manage ya mas. 😀 soalnya toko online bakal genjot penjualannya dengan kasih diskon gede-gedean. Kaget juga ada beberapa gadget yang dipotong sampai 50% padahal di toko online lain tidak. Wah2.

  2. jangan tergoda dengan barang lain ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *