3 tips jitu mengatasi masalah susah tidur wanita hamil

tidurSeiring usia kehamilan tua, semakin membesar pula perut dan semakin susah bergerak, imbasnya menjadi susah tidur. Posisi tidur miring kagok, posisi telentang pun mengakibatkan agak sulit bernapas. Meski sebenarnya posisi tidur bagi ibu hamil dianjurkan menghadap sebelah kiri. Karena dengan posisi ini maka rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin. Sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin pun tetap berjalan baik. *

Letak masalah selain pada posisi tidur juga bisa dikarenakan gerakan bayi dalam kandungan, si Ibu kegerahan, kecapean atau timbul rasa stress sehingga menganggu psikis dan berimbas pada kesulitan untuk tidur. Nah, berikut 3 tips jitu untuk mengatasi kesulitan tidur bagi wanita hamil berdasarkan pengalaman pribadi :

1. Berdoa sebelum tidur dan matikan lampu !
Jangan lupa berdoa sebelum tidur dan usahakan ruang tidur kondisinya gelap. Karena kondisi kamar yang terang benderang akan menyulitkan kita untuk tertidur, tidak sehat dan beresiko terkena kanker **. Dengan ruangan yang gelap saat tidur, selain menyehatkan tubuh juga membuat kita lebih mudah terlelap.

2. Tidak mengucapkan kelimat negatif seperti “duh..susah tidur nih”.
Ingatkan kata pepatah “Jika Anda berpikir bisa maka Anda bisa. Jika Anda berpikir tidak bisa, Anda benar. Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri Anda“. Nah ketika Anda merasa sulit tidur kemudian mengucapkan kalimat negatif seperti “duhh susah tidur nih” apalagi sampai mengucapkan kalimat tersebut berkali-kali, dijamin semakin sulit untuk tidur. Pikiran bawah sadar akan mengikuti perkataan Anda.

Jika penyebab sulit tidur secara fisik seperti pegal punggung, capai,  gerah, dll, maka cobalah pecahkan solusinya dengan langkah mental atau psikis, yaitu memberikan asupan kalimat yang baik (positif) saat mencoba untuk tidur seperti berdzikir, mengobrol dalam hati dengan janin atau membayangkan yang indah-indah seperti pemandangan alam, pantai, gunung, dan lain-lain.

Betul saya tidak mengalami hamil jadi tidak tahu rasanya sulit tidur. Namun saya tahu dan yakin bahwa pikiran dan perkataan positif adalah sesuatu yang selalu membantu jadi solusi dan layak untuk dicoba. Istri saya sudah mencobanya 😉

3. Mengonsumsi makanan / minuman yang membuat mood si Ibu menjadi tenang
Salah satu kunci membuat tidur menjadi mudah adalah membuat otak dan perasaan menjadi tenang dan nyaman. Asupan psikis pun harus ditunjang oleh asupan makanan yang bisa membantu menenangkan kerja otak dan membuat perasaan tenang seperti susu, keju, es krim, dan cokelat hangat. ***

Musik yang mengalun merdu pun bisa jadi solusi membuat perasaan jadi tenang, dan harapannya bisa membuat si Ibu mampu mengatasi masalah tidurnya.


Sumber gambar : hermawankesling
Sumber referensi * : conectique
** : www.eocommunity.com
*** : jejakbrowsing


Comments

  1. owh,,,trnyta bahaya juga ych,,,tidur lampu dinyalakan

  2. selalu berfikir positif menanamkan sugesti positif

  3. inilah fase terberat juga bagi kaum ibu yg sedang hamil….
    selamat menemani isterinya tidur ya…..

  4. eh minx baru tahu deh kalau ngidupin lampu itu bisa mengakibatkan kanker? Hmmm

    • ia niee tuh ada link referensinya “Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin, salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam Hari – sekecil apapun sinarnya menyebabkan Produksi hormon melantonin terhenti.”

  5. Bibi Titi Teliti
    April 27, 2012 - 5:18 pm

    Masalahnya…
    aku kalo lagi gak hamil pun mang suka susah tidur Maminx…
    gimana doooong 🙂

    Dan kegiatan penuh manpaat yang aku lakukan ketika tak bisa tidur adalah…jreng…jreng…nonton drama korea dooong…hihihi..

    • huhuy..korea drama the best ya?wkwk klo sayah mah susah tidur ya main game atau nonton pelm bioskop bajakan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *