3 tips mengatasi sungsang

Seperti pada artikel saya sebelumnya perihal posisi janin sungsang yaitu posisi dimana bayi didalam rahim berada dengan kepala diatas. Sungsang pada usia kehamilan rentang minggu ke-27 s.d. minggu ke-34 adalah normal saja karena si janin masih bisa berubah-ubah posisi.

Bahkan menurut bidan/instruktur senam hamil, mengatakan bahwa setiap 12 jam janin bergerak sekitar 10 kali sehingga jangan heran jika posisi janin ditemukan sungsang. Meski banyak yang mengatakan bahwa diatas minggu ke-34 posisi janin relatif tetap/tak akan berubah lagi, namun belum tentu seperti itu. Teman saya diandrafi memiliki pengalaman seperti komentarnya dibawah ini

tips mengatasi sungsangSehingga pencegahan sejak dini maupun pengobatan memerbaiki posisi janin sungsang tetap harus dilakukan, berikut 3 tips mengatasi sungsang :

1. Mengikuti senam hamil
Istri saya mengikuti program senam hamil dimulai usia hamil 27 minggu. Memang senam hamil baiknya mulai diprogramkan pada trimester akhir karena pada trimester ini janin aktif bergerak.

knee chest position2.Melakukan pergerakan seperti sujud / nungging.
Lakukan gerakan seperti pada gambar (gerakan knee chest position) dalam 1 hari sebanyak 2kali. Setiap 1 kali selama 10 menit dan dapat dilakukan dikasur, lantai, atau bidang lainnya. Gerakan seperti sedang sujud namun bagian dada menempel dasar. Anda bisa menempatkan bantal tipis yang disandarkan ke dada sehingga dada tidak langsung menempel ke dasar lantai/kasur.

3. Mengepel lantai dengan tangan
cat-yogaBanyak yang mengatakan bahwa mengepel lantai bisa membantu membuat posisi bayi tidak sungsang. Langkah ini memang belum dicoba oleh istri saya, namun tak ada salahnya mencoba.

Pada dasarnya gerakan ini sama dengan gerakan merangkak seperti kucing sedang marah. Dimulai dengan merangkak, dilekskan dahulu dadanya lalu perlahan sambil tarik nafas lengkungkan punggung. *

Bagaimana adakah saran lain?silakan atuh di-sharing ;)


sumber gambar dan referensi * : bidankita

10 thoughts on “3 tips mengatasi sungsang”

  1. hehehe…..komenku mejeng dimari

    kalau dulu point 2 dan 3 udh aq laksanakan
    tapi kalau point 1 berhubung dulu kerja jadi terus terang aq blm pernah senam hamil

    tar aah….kalau diberi kepercayaan hamil ke 2
    amin ya Allah…..

  2. Yang penting berusaha iya..
    HAsilnya nanti tetep yang di atas yang nentuin..

    semoga yayangnya selalus ehat dan di lancarkan dalam persalinan ya MInx..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

die("comments disable");