4 asupan gizi ibu menyusui

menyusuiPentingnya asupan gizi untuk ibu menyusui adalah sama pentingnya dengan asupan gizi saat ibu hamil. Jika pada saat hamil asupan makanan si Ibu penting untuk berkembangnya janin, maka saat menyusui, asupan makanan si Ibu penting untuk kualitas ASI untuk tumbuh kembang bayi.

Saya pribadi merasa kasihan dengan istri yang terus berjuang dari mulai hamil sampai saat ini sedang menyusui, terus-terusan harus menjaga kondisi fisik, mental, dan tak bisa makan sembarangan. Istilahnya tak ada hentinya perjuangan Ibu dari mulai mengandung, melahirkan, hingga membesarkan bayi/anak.

Maka jangan sia-siakan perjuangan tersebut dengan selalu memberikan yang terbaik bagi sang Anak, termasuk menjaga asupan gizi untuk kualitas ASI. Berikut 4 asupan gizi penting berdasarkan pengalaman istri dan referensi lainnya

1. Cukup minum air putih
treadmillKarena ketika menyusui itu bagaikan berolahraga, ya seperti dilansir buku Dr.Oz, aktivitas menyusui seharian dapat membakar 500 kalori!. Saya lari treadmill 8 menit saja hanya menghabiskan 100 kalori. Berarti menyusui seharian bisa sama dengan olahraga lari di treadmill 30 menit dengan rata-rata kecepatan 9km/jam, Cukup cepat dan sangat melelahkan. Sehingga untuk menghindari dehidrasi, Ibu harus rajin dan cukup minum air putih.

2. Makan buah-buahan
Nutrisi yang diperlukan untuk kualitas ASI yang baik adalah protein, kalsium, zat besi, DHA, dan Vitamin C (buku Dr.Oz “Having A Baby”). Itu semua ada dalam buah-buahan. Istri saya rutin makan melon, pepaya, dan pisang. Ketiga buah tersebut sangat kaya akan gizi dan vitamin. Seperti pepaya mengandung zat besi, potasium, kalsium, vitamin A. Sementara pisang tak kalah banyak gizinya mengandung mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain.

3. Makan sayur-sayuran
Terutama yang mengandung zat besi seperti sayur kangkung, bayam, dan brokoli. Zat besi dibutuhkan supaya tidak kekurangan darah/anemia. Adapun akibat dari kurang darah adalah Anda bisa sering terserang pusing dan cepat capai.

4. Minum susu
Susu mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Paling nikmat waktu meminum susu adalah dimalam hari jelang tidur dan pagi hari sebelum berangkat kantor. Asupan susu yang bergizi dan cukup sangat menentukan kualitas ASI.

Sekian 4 asupan gizi penting untuk ibu menyusui. Perlu diingat bahwa makan 5-6 kali dengan porsi kecil lebih baik daripada makan 3 kali dengan porsi besar. Dan jangan lupa hindari minuman ber-kafein dan alkohol karena alkohol jelas dilarang, adapun kafein bisa menyebabkan bayi jadi rewel dan sulit tidur.

Foto 1 sumber : http://nutrisiuntukbangsa.org/

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Untuk mendapatkan kondisi-kondisi itulah, seorang ibu hamil harus tetap menjaga nutrisi yang didapat dari makanan sehari-hari. Bahkan, perlu diimunisasi, misalnya dengan suntik TT. Lakukan juga konsultasi rutin dengan dokter secara berkala. Mula-mula sekali sebulan, dan pada bulan terakhir menjelang kelahiran (partus), diperketat menjadi tiga minggu sekali, lalu dua minggu sekali, dan bahkan mendekati partus menjadi setiap minggu.

  2. Nah Bunda yang sedang hamil atau menyusui, bunda sekarang tahukan beberapa buah dan sayur yang baik buat bunda selama hamil atau menyusui. Langsung dipraktekkan ya, tapi jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya juga. Tetap jaga asupan makanan bunda agar memiliki kandungan gizi yang cukup demi kelancaran kehamilan dan juga demi sang buah hati. Salam sehat!

  3. nanti kalo udah punya bini saya suruh baca tulisan blog ini
    hehehe

  4. bener bgt, istri saya suka dibeliin susu utk ibu menyusui tapi katanya gak enak dan lebih memilih susu biasa.

    wah suami yg kaya ilmu nih 😀

  5. obat alami diabetes
    September 11, 2012 - 1:19 pm

    betul sekali, asupan gizi bagi ibu menyusui memang harus terpenuhi karena ini akan menentukan kualitas gizi dari asi yang dihasilkan

  6. bunda dan bayinya sama2 minum susu ya jadinya.

  7. kalo anak ada indikasi alergi terhadap susu sapi, ibu sebaiknya menghindari minum susu sapi

  8. sependapat sama orin

    kapan ya aku diberi kesempatan menyusui anak ?

  9. Sebetulnya asupan gizi yg disebutkan penting untuk semua orang ya Minx, berarti porsinya harus double (atw triple) kalo untuk ibu hamil/menyusui kayaknya ya heuheu

    • nah ini yg menarik teh. kalau kata buku Dr.Oz itu, pas menyusui itu ibarat porsinya cuman 1,2 orang. klo pas lagi hamil cuman 1,1 orang porsinya. jadi bukan double, triple, apalagi kuartet, hehe..

  10. top deh mamink ilmunya demi istri ya

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *