4 moda alternatif kereta serpong parung panjang

commuter-line

img src : moneter.co

Kereta Commuter Line atau CL atau KRL dewasa ini adalah favorit masyarakat umum, baik untuk kalangan pelajar, pekerja, anak-anak, bahkan Ibu-Ibu yang biasa belanja. Selain sekarang karena harganya sangat murah (bahkan kereta ekonomi harganya lebih mahal), nyaman ber AC (jika penumpang tidak penuh), dan lebih cepat sampai tujuan dibandingkan dengan mode transportasi lainnya.

Saya adalah pengguna Commuter Line Parung Panjang – Tanah Abang dan sebaliknya (dari St. Cisauk  – St.Sudirman). Saking ketergantungan dengan commuter line, ketika CL (Commuter Line) mengalami gangguan baik itu karena keterlambatan, gangguan sinyal, kebakaran, atau lainnya kita masih rela saja menunggu CL dengan harapan CL segera kembali normal. Memang sangat tidak mengenakkan ketika CL mengalami gangguan karena berjejalan di kereta dengan kondisi kepanasan (AC sudah tidak terlalu berasa), dan berdesakan.

Jalur Alternatif

Ketika kereta mengalami gangguan memang ada dua pilihan, menunggu kereta kembali normal atau menggunakan mode transportasi umum lainnya. Menunggu bisa dilakukan ketika mendapat kepastian kapan waktu kereta kembali normal. Namun ketika tidak ada kepastian waktu kereta kembali normal, maka terpaksa kita harus menggunakan moda alternatif transportasi umum lainnya. Maka berikut 4 mode alternatif kereta serpong parung panjang (selain taxi atau ojek tentunya)

  1. Bus feeder yang melewati halte busway bisa tunggu di halte kuningan timur atau patrajasa atau palmerah. Bus ini akan berhenti di Poris. Jadi bagi yang ingin ke daerah Serpong, bisa berhenti di Kebon Nanas untuk kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum jurusan Kalideres-Serpong.
  2. Bus feeder yang berhenti / start di ratu plaza (jakarta).
  3. Kereta ekonomi rangkas/angke. Kereta ini tidak berhenti di tanah abang, rawabuntu, dan cicayur. Jadi jika ingin naik kereta ekonomi ini, sebaiknya naik di stasiun Duri atau palmerah. Harga tiketnya sekitar 5000. Kereta ekonomi memang biasanya anti kena dampak jika terjadi gangguan seperti gangguan sinyal, listrik, atau bahkan kebakaran seperti beberapa waktu lalu.
  4. Bug agramas Poris / BSD. Jika ingin naik bus agramas ini, maka kita harus naik di daerah Pasar Rabu atau di Tanjung Barat. Bagi yang ingin melanjutkan perjalanan ke Maja bisa naik bus ke Maja dari Poris. Adapun bagi yang ingin menuju daerah Serpong atau Cisauk dan sekitarnya, dengan menggunakan agramas BSD, bisa berhenti di Teras Kota BSD dan melanjutkan menggunakan angkutan umum jurusan Serpong.

Namun jika ada mobil omprengan jalur Serpong-Jakarta seperti halnya mobil omprengan jakarta bekasi, maka mobil omprengan tersebut bisa juga dijadikan alternatif. Mungkin ada rekan-rekan yang ingin menambahkan alternatif lainnya dipersilakan.

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. udah beberapa kali nih aku ke serpong naik kereta

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *