4 Perubahan anak usia satu tahun

ibamHari ini tepat Ibam menginjak usia satu tahun. Tak terasa tiba-tiba anak kedua kami sudah berusia satu tahun saja. Banyak perubahan berarti dari Ibam yang dulu masih kecil tak berdaya dengan kini satu tahun kini dimana mulai banyak bergerak / lebih aktif dan mudah menangis dan tertawa.

Lalu apa saja perubahan anak dalam rentang usia satu tahun tersebut ? Tentu biasanya perubahan pada anak akan berbeda-beda, ada anak yang tumbuh kembang cepat misalkan anak usia satu tahun ada yang sudah bisa berjalan tertatih atau merambat, bisa berkomunikasi, dan lainnya.

Tapi dari semuanya, berdasarkan penglihatan terhadap Ibam, ada 4 perubahan anak usia satu tahun

  1. Gigi yang semakin tumbuh. Di usia satu tahun ini gigi sudah cukup bagus pertumbuhannya. Ada sekitar 6 gigi yang sudah tumbuh di Ibam. Yang paling terlihat adalah dua buah gigi di bawah. Jadi terlihat gigi nya saat anak tertawa.
  2. Mulai berani untuk berjalan. Meski belum sempurna, tapi anak diusia satu tahun sudah mulai berani berjalan dengan merambat, yaitu berjalan dengan berpegangan pada kursi misalnya meski hanya lima langkah saja. Untuk urusan merangkak, sudah lancar sekali, selain merangkak cepat juga sudah stabil dan bisa duduk posisi tegak.
  3. Mudah menangis juga tertawa. Jika anak jauh dari Ibunya, dia gampang sekali menangis, tapi mudah juga diredakan tangisannya misalkan dengan mengalihkan perhatian ke mobil-mobilan atau diajak jalan keluar melihat pepohonan atau benda lainnya. Anak juga mudah sekali tertawa seperti diajak bermain cilukba, dicium, di kelitik, diajak ngobrol, dan banyak hal. Pastinya anak usia satu bisa mengetahui interaksi sosial atau lingkungannya.
  4. Sudah mengetahui namanya sendiri. Mungkin sebelum umur satu tahun anak sudah mengerti jika namanya dipanggil. Dia sudah bisa menoleh ke orang yang memanggil namanya. Nah di usia satu tahun ini sudah semakin sempurna saja interaksi yang diberikan anak ketika namanya dipanggil. Jadi tidak cuma menoleh, dia sudah mulai mengerti ketika misalkan dilarang untuk memasukkan benda berbahaya kedalam mulutnya.
Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Sudah bisa di ajak berinteraksi ya usia 1 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *