4 Wisata sekitar Kampung Strawberry Ciwidey

Hari libur Sabtu/Minggu akhir November 2015 kemarin saya bersama istri dan para rombongan dari alumni dan beberapa karyawan PT. Showa divisi IT berekreasi ke Kampung atau dibaca Kampoeng Strawberry Ciwidey. Berangkat dari tempat berbeda-beda ada yang dari Cilegon, Bekasi, Tangerang, dan lainnya. Kami berkumpul di exit tol Padalarang sekitar pukul 10 pagi untuk kemudian meluncur ke tujuan Ciwidey.

Jalur menuju Kampung Strawberry Ciwidey

Pada umumnya wisatawan akan memilih jalur melalui Kopo untuk menuju Ciwidey karena secara jarak memang lebih dekat, dekat dengan tol, dan lebih dikenal. Namun jika saat weekend menuju ciwidey melalui kopo, kami khawatir akan kemacetannya yang super. Sehingga untuk menuju Kampung Strawberry, kami melalui jalur alternatif yaitu melalui exit Tol Padalarang – Cimareme – Batujajar – Soreang – Stadion jalak Harupat – Sampailah di Ciwidey.

Dalam perjalanan menuju kampung Strawberry/Ciwidey, sekitar pukul 10.00 kami rehat sejenak dan santap bersama terlebih dahulu di rumah makan sangu liwet Bu Ika yang terletak di Jl. Raya Soreang-Ciwidey Km 25, Cukanggenteng, Pasir Jambu, Ciwidey. Rumah makan ini tipikal khas sunda dengan restoran ada saung dan kolam ikannya. Menu nya cocok untuk lidah sunda yaitu ayam bakar, tahu tempe, dan tentunya nasi liwet. Meski menu sederhana, tapi nikmat kok dan tentunya mengenyangkan.

bu ika

makanan di sangu liwet bu ika cocok untuk segala kalangan. sederhana dan kenyang tentu

Selepas sholat dzuhur melanjutkan perjalanan ke atas / Ciwidey, berkunjung ke Rancaupas terlebih dahulu dan tibalah di tempat penginapan Kampoeng Strawberry sekitar pukul 15.00

Fasilitas Kampung Strawberry

Terdapat 6 jenis penginapan dengan total 36 kamar dengan tarif dan fasilitas yang berbeda. Kami rombongan dengan total sekitar 40 orang, menyewa beberapa kamar pada kampung strawberry, yaitu menyewa tipe bungalow 1 dan bungalow tipe 2 (dua kamar untuk satu bungalow).  Setibanya di hotel, kesan pertama adalah udaranya dingin, sejuk, dan segar.

bungalow

terdapat kolam renang di halaman depan hotel tipe bungalow 1

Hotel ini pun memiliki halaman yang sangat luas sehingga tak sulit memarkir kendaraan. Adapun beberapa fasilitas umum kampung strawberry antara lain:

  1. Tempat bermain anak,
  2. Mushola
  3. Kolam renang untuk hotel bungalow 1
  4. Restoran atau tempat makan
  5. Toko untuk oleh-oleh,
  6. Tempat nongkrong dekat bungalow
  7. Kolam ikan untuk beberapa tipe tertentu
  8. dan lain-lain

Sementara untuk fasilitas dalam kamar Kampung Strawberry antara lain : kamar tamu, kamar mandi dan toilet, televisi, ruang keluarga dan balkon (untuk beberapa tipe), telepon, dan lainnya. Saya menyewa bungalow tipe 2 dengan dua kamar dengan bungalow tepat berdiri di kolam ikan. Sehingga bisa sekalian bermain dengan anak dengan melihat dan memberi makan ikan.

bungalow 2. Terdapat 2 kamar dengan pemandangan ikan-ikan di kolam

bungalow 2. Terdapat 2 kamar dengan pemandangan ikan-ikan di kolam

Tarif Hotel Kampung Strawberry

Untuk tarif hotel kampung strawberry cukup terjangkau. Untuk Bungalow 1 tarif nya Rp700,000. Dan bungalow 2 tarif perhari adalah Rp900,000 (dengan 2 kamar).

Wisata terdekat dengan Kampung Strawberry

Bukan tanpa alasan kami memilih hotel Kampung Strawberry sebagai tempat istirahat, karena hotel ini dekat sekali dengan berbagai wisata di Ciwidey. Berikut 4 wisata sekitar hotel Kampung Strawberry:

  1. Kebun Strawberry persis seberang hotel (petik sendiri strawberry)
  2. Wisata alam rancaupas berjarak sekitar 4 Km.
  3. Kawah Putih berjarak sekitar 3 Km.
  4. Situ Patenggang berjarak sekitar 10 Km dari Hotel.

Ciwidey memang cocok sebagai lokasi liburan bersama teman dan keluarga 🙂

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. wah aku terakhir ke ciwidey waktu belum nikah udah lama banget ya

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *