5 Catatan Pengalaman melahirkan secara caesar

img: smartplusconsulting.com

img: smartplusconsulting.com

Melahirkan secara caesar, beberapa memang ada yang sengaja menginginkan caesar karena takut melahirkan secara normal, namun tak sedikit juga yang melahirkan secara caesar karena diharuskan atau kondisi yang memaksa untuk melahirkan caesar, seperti karena bayi sungsang, plasenta previa, lahir kembar, dan lainnya.

Istri saya gak pernah kepikiran untuk melahirkan secara caesar, kami pro lahir secara normal karena banyak keuntungannya melahirkan secara normal seperti pemulihan relatif lebih cepat, biaya murah, dan lainnya. Selain itu istri melahirkan anak pertama secara normal, jadi asumsi saya karena tidak punya rekam jejak melahirkan caesar, maka saat melahirkan anak kedua pun pastilah normal. Tapi ternyata tidak demikian, istri melahirkan anak kedua secara caesar pada 12 April 2014 karena posisi bayi sungsang dan plasenta sudah semakin menipis jadi bayi harus segera dilahirkan.

Meski sudah 3 bulan lewat, saya pikir tidak terlambat untuk berbagi dengan para orangtua / pembaca bagaimana pengalaman melahirkan secara caesar

Pengalaman melahirkan secara caesar

Istri melahirkan anak pertama dan kedua di R.S. Budi Kartini di Tasikmalaya. Sengaja memilih R.S di kampung halaman supaya ada yang bantu pasca melahirkan. Kalau melahirkan di Serpong (daerah rumah), bakal repot karena tidak ada saudara yang membantu, mana anak pertama juga kan masih kecil, umurnya masih 21 bulan. Jadi kalau melahirkan di kampung halaman, ada yang ikut jaga anak pertama.

Posisi sungsang bayi sebetulnya sudah terdeteksi saat kehamilan sekitar 36 minggu. Karena ingin melahirkan normal, jadi istri berusaha keras melakukan cara-cara mengatasi sungsang. Namun apa daya hingga 40 minggu atau mendekati melahirkan, posisi bayi tetap sungsang jadilah diperlukan operasi caesar.

Beberapa catatan pengalaman melahirkan secara caesar yang dirasakan antara lain :

  1. Di usahakan atau disarankan puasa sekitar 6 jam sebelum operasi caesar.
  2. Biaya melahirkan caesar keluar sekitar 13 juta. Perbandingannya jauh sekali dengan melahirkan normal. Saat melahirkan secara normal menghabiskan 3 juta rupiah (pada tahun 2013). Jangan lupa biaya ini adalah R.S nya di Tasik ya, kalau rumah sakit di kota besar kemungkinan biayanya akan lebih besar lagi.
  3. Melahirkan caesar prosesnya cepat dan tidak cape, tapi rasanya deg-degan dan pikiran bawaannya khawatir. Seingat kami waktu itu dari masuk ruang operasi sampai selesai melahirkan makan waktu kurang dari 20 menit. Istri mengatakan di ruang operasi ternyata tidak seserem yang dibayangkan. Dokternya pun ramah dan bawaannya bikin tenang. Nah itu gimana dokternya juga kali ya 🙂
  4. Pemulihan pasca operasi caesar cukup lama. Istri cukup cepat pulih pasca operasi caesar. Dalam waktu 2 minggu istri sudah bisa berjalan normal dan bisa beraktivitas normal. Meski dokter tidak menyarankan untuk mengangkat beban yang berat atau menggendong anak terlebih dahulu dalam waktu 1 bulan. Pemulihan pasca operasi ini terkadang bisa berbeda. Temannya yang juga dioperasi caesar, baru bisa keluar rumah sakit sekitar 1 minggu, sementara istri sudah diperbolehkan keluar R.S di hari ketiga.
  5. Dua sampai tiga hari pasca operasi badan sudah bisa digerakkan, bisa berdirikan punggung ditempat tidur dan mulai bisa makan nasi dan lauk yang agak lunak seperti sayuran, perkedel, baso, ayam, dan makanan yang mudah dicerna lainnya. Di hari ketiga sudah boleh keluar rumah sakit dengan kondisi berjalan tertatih-tatih dan bungkuk 🙂

Begitulah kisah istri saat pengalaman melahirkan secara caesar. Yang pasti kami semua merasa lega mengetahui operasi lancar dan anak terlahir sehat, itu yang paling penting bukan


Comments

  1. kalau aku bandel pulang ke rumah udah gantel pengen beres2 rumah 🙂

  2. Jual Jam Tangan
    August 20, 2014 - 4:36 pm

    Bahagianya menjadi bapak ya mas, ada senang, khawatir, semua rasa campur aduk menanti kehadiran buah hati 🙂

  3. saya jg caesar, tp krn induksi dl, jd sakitnya 2x, sbelum dan sesudah 😀

  4. saya melahirkan juga caesar setelah melewati semua proses dan prosedur melahirkan normal dan semua bantuannya, induksi dkknya.
    supaya cepat pemulihan, setelah sadar dari obat bius, belajar menarik nafas dalam, belajar batuk dengan menarok bantal di atas luka operasi, belajar miring pelan-pelan, belajar menegakkan punggung dengan meninggikan tempat tidur, belajar duduk *bekas luka tetap dikasih bantal dengan sedikit tekanan lembut*. 19.45 WIB keluar ruang operasi, besok paginya saya sudah bisa jalan ke kamar mandi pelan-pelan. Hari kedua, juga belajar jalan. Hari ke 3 keluar rumah sakit sudah jalan seperti biasa *tetap pakai gurita*. Semakin cepat belajar menggerakkan anggota badan, semakin cepat pulih pasca caesar.

  5. dulu saya lahirnya caesar. Ibu pasca operasi sempat panas dingin berkepanjangan. Untungnya tidak apa-apa. 🙂 selamat mas atas kelahiran anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *