5 keluhan atau masalah kehamilan usia 8 bulan

Selama 8 bulan ini saya mengamati dan menjalin kerjasama dengan istri saya yang sedang hamil 8 bulan ini, rasanya keluhan atau masalah kehamilan yang dirasakan datang silih berganti, dimulai dari masalah umum kehamilan seperti mual muntah di trimester awal, kemudian rasa gerah berlebih, bengkak/endema dan susah BAB yang dirasakan di trimester akhir, dan kali ini hadir lagi keluhan di H-1bulan kelahiran.

Mungkin dapat dikatakan masalah kehamilan usia 8 bulan. Apa sajakah itu? berikut ada 5 keluhan kehamilan usia 8 bulan.

1. Pegal kaki

masalah kehamilan

src: garamku.com

Pegal ini dapat sering dirasakan setelah Ibu habis jalan-jalan ringan seperti pergi ke pasar, ke mall, atau kemana saja yang aktivitasnya jalan kaki. Jalan kaki ini sehat loh apalagi kalau dilakukan dipagi hari atau sore hari saat udara segar. Pegal kaki diakibatkan seiring janin semakin besar, tentunya kaki menumpu beban yang semakin berat. Nahh solusinya anda dapat merendam kaki dengan air hangat. Sambil duduk santai, rendam kedua kaki anda dalam air hangat. Istri saya sudah mencobanya dan alhamdulillah selain timbul rasa nyaman, kaki tak pegal-pegal lagi.

2. Pegal punggung
Sederhana sekali solusinya yaitu dengan kesigapan suami untuk bantu memijat punggung istri Anda 😉

3. Pegal daerah alat kelamin
Menurut pengakuan istri, katanya kadang seperti ada yang menekan (maaf) ke vagina sehingga mengakibatkan sakit di vagina dan sekitarnya. Itu adalah lumrah karena kepala janin sudah berada dibawah dan pergerakan janin pun sudah sangat intens/sering. Solusinya bisa dengan senam hamil, jalan kaki ringan, dan tentu semoga ibu tetap sabar ya, insyaAllah menjadi pahala untuk si Ibu, amin:)

4. Strechmark diperut

strechmark

src : klikdokter.org

Masalah ini pun sungguh tak bisa dihindari, strechmark atau tanda berupa garis-garis diperut terjadi karena kulit bagian perut mulai tertarik hingga batas maksimal karena meregang/melar sehingga mengakibatkan kulit permukaan perut pecah dan muncullah garis-garis tersebut. Strechmark ini bermacam macam warnanya, bisa berwarna putih, merah, atau bahkan hitam. Tentu ada juga yang tidak mengalami strechmark ini karena itu semua tergantung dari faktor genetis dan kondisi kesehatan atau kelembaban kulit Ibu.

Menurut dokter kandungan, strechmark tidak dihilangkan namun bisa diminimalisir ya dengan melumuri perut dengan lotion, minyak zaitun, atau obat lainnya. Istri saya sih menggunakan ramuan minyak kelapa dan dedaunan buatan asli dari kampung halamannya Tasikmalaya. Alhamdulillah meski strechmark masih ada namun tak terlalu banyak.

5. Sakit diperut dan kontraksi semu

tidur

src: 1.bp.blogspot.com

Rasa sakit didaerah perut solusinya adalah tidur menghadap arah kiri/kanan dan jangan tidur terlentang, kalau pun ingin tidur terlentang jangan terlalu lama dan sanggalah punggung dan kepala dengan bantal yang lebih seperti ulasan disini. Kemudian ketika dalam posisi ingin bangun tidur, jangan bangun langsung/tiba-tiba, tapi bangunlah perlahan. Jangan bangun tidur dengan posisi seperti sit-up namun bangunlah dibantu tangan.

Adapun kontraksi semu adalah konstraksi yang sifatnya sementara saja dan frekuensinya tidak teratur. Penyebabnya tentu karena gerakan janin dalam rahim. Solusinya adalah istirahat dengan posisi yang paling nyaman untuk Ibu, bisa tiduran sambil kaki disangga bantal sehingga posisi kaki lebih tinggi daripada kepala. Pada dasarnya jika mengalami kontraksi semu baiknya disyukuri karena kontraksi menjelang persalinan bermanfaat untuk melunakkan mulut rahim sehingga memelancar usaha ibu saat mendorong bayi keluar. *


Referensi perihal kontraksi semu : * uraeka.com


Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Mksh infonya ???

  2. membantu bgt,,, smw pnjelasan d ats yg skrg lagi aq rsain,,,

  3. kebetulan saya sedang hamil 8 bln,sy sgt merasakan sekali keluhan-keluhan tersebut
    tp,alhamdulillah…saya sangat terbantu dgn artikel ini, bermanfaat sekali^^

  4. anugrah sekali klo seorang wanita bisa hamil.alhamdulillah…banget

  5. lusia widhiastuti
    January 26, 2013 - 8:36 pm

    trims ya bermamfaat n menambah pengetahuan

  6. mksh bwt info y’ sngt brmnfaat bwt sya yg sdang hamil

  7. wah ,,,
    mksi bnged tas infonya, kndali diatas skrg nie sya rsaiin tpi sya bwa santai ajh ,,
    krna nie smua adl anugrah dari sang pencipta ……………………..

  8. Fanny hafizah poedan’s
    August 16, 2012 - 2:35 am

    Makasih atas infox…

  9. semua akan trasa mnyenangkan jika keluhan ini kita lewati dengan kesabaran dan bantuan dr org2 tersayang….

  10. modern classic furniture
    July 12, 2012 - 9:06 am

    penuh pengorbanan memang untuk menjadi seorang ibu ya..:)

  11. hehe,,belum beristri mas,,nanti kalau udah punya istri dan mengandung pasti gejalanya sperti ini juga ya . 🙂

  12. makasih ya infonya… Ya Allah mudah2an aq segera hamil.. Aamiin

  13. wahh…selamat ya pak, semoga nanti pada proses persalinan lancar sehat selamat baik ibu dan bayinya…

  14. alhamdulillah semua gejala itu normal koq yang penting tambah pengertian aja sm istri.. kasian kan lagi berat bawa2 anak kita… nanti kalau udah brojol jangan lega dulu.. banyak kejutan luar biasa hahahaha

  15. Waah, sudah delapam bulan ya, Minx, makin deg degan dehh 😀

    Dulu klo kaki pegal aku suka mengganjal dengan bantal waktu tiduran, lumayan mengurangi sih (sama dipijit suami hihihihihi….).

    Selamat ya, Minx, sebentar lagi jadi ayah 😀

  16. kadang2 perut terasa kencang ya semacam kontraksi gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *