5 Syarat mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan

Seperti kita tahu perihal revisi aturan bahwa sekarang BPJS ketenagakerjaan bisa di klaim/ dicairkan tanpa harus menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau sampai usia pensiun. Pasca keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) 60 tahun 2015, seperti dilansir dari detikfinance bahwa dana JHT (Jaminan Hari Tua) bisa dicairkan 100% per 1 September 2015 dengan syarat kita sudah tidak terdaftar di BPJS ketenagakerjaan atau tidak bekerja baik karena mengundurkan diri atau dipecat dari perusahaan tempat kita bekerja, ramai-ramai masyarakat melakukan klaim BPJS.

Saya memang sudah tidak terdaftar di Jamsostek / sekarang BPJS ketenagakerjaan sejak sekitar 2 tahun lalu. Dan tepat sekali sebelum 1 Juli 2015 saya sudah keluar kerja. Sehingga harusnya saya bisa mencairkan dana BPJS dengan lancar. Dan benar saja setelah ada revisi aturan yang diulas diatas, saya lancar saja mencairkan dana BPJS di cabang terdekat dengan rumah saya, yaitu di BPJS cabang BSD.

Syarat Mencairkan dana BPJS

Tentunya sebelum akan mencairkan dana BPJS, kita harus tahu dulu syaratnya. Tidak sedikit yang gagal mencairkan dana karena kurangnya syarat yang dipenuhi. Kan sayang waktu tuh udah ngantri lama-lama, waktu dan tenaga terbuang eh ternyata gagal cairkan dana BPJS karena tidak memenuhi syarat. Jadi berikut 5 syarat mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan berdasarkan pengalaman :

  1. Anda sudah tidak bekerja atau tidak terdaftar di BPJS ketenagakerjaan baik itu karena dipecat atau mengundurkan diri dari pekerjaan
  2. Surat-surat yang harus dibawa (copy dan asli nya) antara lain :
    • KTP
    • Kartu Keluarga
    • Kartu jamsostek
    • Surat pengantar dari pekerjaan sebelumnya (jika ada lebih dari satu jamsostek dari beberapa perusahaan, maka wajib dibawa surat pengantar dari beberapa perusahaan juga)
    • Buku tabungan cukup foto kopi cover dalam nya saja. Jika tidak ada foto kopi buku tabungan, ada cara lain yaitu dengan mem foto buku tabungan kemudian kirimkan via email ke Customer Service yang melayani kita
  3. Siapkan materai, saya sudah 5 materai untuk jaga-jaga meski ternyata yang terpakai hanya satu saja
  4. Setelah semua persyaratan selesai, jangan lupa datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat (pengalaman saya meski BPJS saya didaftarkan di pusat, tapi tetap bisa melakukan proses klaim di BPJS cabang dekat rumah)
  5. Terakhir setelah datang ke kantor BPJS, jangan lupa berdoa dan bersabar ya karena antriannya cukup panjang 🙂

Pengalaman Mencairkan dana di BPJS BSD

Saya mencairkan dana di cabang terdekat yaitu di BPJS cabang BSD. Pengalaman saya proses klaim di sana adalah nyaman sekali. Antrian teratur, satpam dan CS nya ramah, disediakan minuman mineral gratis, tersedia mushola, ruang menyusui, ada tempat bermain anak (cocok untuk saya karena bawa anak dan ternyata mereka betah bermain disana), sofa empuk untuk menunggu antrian, lengkap sudah sangat nyaman.

BPJS

ruang menyusui

jamsostek

salah satu sudut ruang tunggu

Proses pencarian dana BPJS memang berbeda-beda prosedurnya. Ada teman saya mencairkan dana di BPJS pusat, bisa langsung di proses klaimnya di hari itu juga meski dia harus datang ke kantor BPJS pusat di pagi buta, bahkan ada yang sampai menginap!. Namun prosedur pencairan dana BPJS di BSD tidak seperti di pusat itu. Prosedur pencairan dana BPJS di BSD adalah :

  1. Di hari pertama, saya datang pagi jam 6. Kantor sudah buka dan kita antri untuk mendapatkan nomor antrian dan form klaim BPJS ketenagakerjaan. Jadi di hari pertama itu tidak perlu kita bawa surat-surat yang lengkap. Cukup bawa diri saja.
  2. Setelah mendapatkan formulir dan nomor antrian, kita akan mendapatkan jadwal 1 bulan berikutnya untuk proses pencairan yang sebenarnya.  Jadi tidak dihari itu juga klaim kita diproses. Adapun BPJS cabang BSD saat itu hanya menangani 150 orang per hari untuk proses klaim. Setelah proses, maka dana akan di transfer ke rekening kita dalam waktu maximal 2 minggu. Tapi dalam waktu 1 minggu pun sudah cair atau sudah masuk ke rekening kok. Lancar dan mudah sekali proses mencairkan dana di BPJS cabang BSD.

Lalu bagaimana pengalaman rekan-rekan mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *