6 Cara mencegah dan mengobati Flu Singapura

Seperti pada artikel sebelumnya tentang gejala flu singapura. Dalam artikel ini saya coba bahas bagaimana mencegah dan mengobati flu Singapura. Menurut dokter, flu ini akan sembuh dengan sendirinya sehingga dokter yang memeriksa anak saya, tidak memberikan obat antibiotik. Beliau hanya memberikan salep dan vitamin untuk menguatkan atau mengembalikan daya tahan tubuh saja.

Adapun berikut 6 langkah untuk mencegah dan mengobati flu singapura, antara lain :

  1. Makan dan minumlah makanan yang sehat dan bergizi. Jika anak belum menderita sariawan, maka bisa makan minum apa saja bebas.
    mengobati flu singapura

    flu singapura cepat juga menjalar hingga ke sekitar mulut. Bintik di kaki pun makin banyak

    Namun jika sudah terkena sariawan, disarankan untuk makan dan minum yang mudah di kunyah atau makanan atau minuman yang sifatnya dingin mungkin seperti es krim, buah-buahan, yoghurt, sayuran, telur dadar, roti, dan lain-lain. Dilarang keras memberikan makanan atau minuman yang terasa asam, pedas, panas atau terlalu berasa. Adapun obat untuk sariawan, bisa diobati dengan kenalog.

  2. Berapa hari flu singapura bisa sembuh ? itu tergantung daya tahan tubuh anak. Menurut dokter adalah sekitar 5 hari insyaAlloh sudah sembuh. Dengan catatan anak diberi asupan yang bergizi dan dijaga kebersihan rumah dan lingkungan kita. Jika daya tahan tubuh sang anak baik ya bisa lebih cepat sembuh.
  3. Sebaiknya cukup minum atau jangan sampai terkena dehidrasi. Jika anak masih menyusui ASI maka itu lebih baik, karena ASI bisa jadi obat alami dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.
  4. Karena virus ini bisa menular dengan anak antara 1-10 tahun, baiknya hindari dulu kontak dengan penderita flu singapura seperti memegang, mencium, dan lainnya dengan anak sebaya atau seusianya. Katanya sih virus ini relatif tidak akan menular terhadap orang dewasa atau orang tua, jadi untuk orangtua santai saja. Saya sendiri tentu tidak menghindari kontak terhadap anak saya yang kena flu singapura. Kami tetap memegang, menciumnya, dan lain-lain. Lagipula orangtua mana yang tega kalau harus menghindari kontak dengan anaknya :D.
  5. Jaga kebersihan mainan atau barang di rumah. Apalagi anak sering memasukkan tangan ke mulutnya seperti yang sering dilakukan anak saya. Sebaiknya rajinlah mencuci tangan anak dengan sabun ketika anak selesai bermain supaya tangan lebih terjaga kebersihannya.
  6. Terakhir tentu ikuti saran dokter dengan minum vitamin dan mengobati luka atau bintik merah tersebut dengan salep atau resep dari dokter.
    flu singapura

    salep dan sirup yang diberikan oleh dokter

    Salep diberikan 2 hari sekali selain itu salep dapat digunakan untuk mengobati jika terkena gigitan nyamuk. Jika salep tidak mempan mengurangi gatal, bisa dicoba minyak zaitun. Kami menggunakannya dan minyak zaitun ampuh mengatasi rasa gatal.

Semoga anak yang menderita sakit, lekas baikan ya 🙂

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Obat sariawannya sama salepnya merknya ap mom?

    • obat sariawan sih gak ada, salep lupa apa ya. sama dikasih vitamin aja booster gitu, makasih

  2. BB jadi turun biasanya ya karena susah makan

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *