6 makanan sehat kehamilan usia muda

hamil-4bulanSekarang usia kehamilan istri saya sudah beranjak 4 bulan. Menurut dokter, usia kehamilan lebih dari 3 bulan sudah tidak terlalu rawan. Artinya secara umum kandungannya sudah terbentuk cukup kuat meski tetap soal kuatnya kandungan tergantung pada kondisi sang Ibu. Yang pasti sekarang istri saya tidak terlalu sering muntah.

Teringat 3 bulan kebelakang adalah saat-saat Β perjuangan yang paling dirasakan berat. Sering muntah padahal makan dengan menu sederhana, nasi, sayuran, dan ikan/daging. Namun adakalanya makan yang tidak lazim seperti pempek atau bakso ok-ok saja, tapi tak jarang juga sehabis makan makanan yang kurang bergizi, muntah juga.

Makan makanan yang tepat di usia kehamilan 1-3 bulan / trimester pertama sungguh serba salah. Si Ibu merasa bersalah karena kashian dan khawatir jika sering memuntahkan makanan, bayi yang ada di kandungan kurang mendapat nutrisi. Si Ayah pun galau harus bertindak bagaimana karena rasanya dorongan semangat saja tak cukup membantu.

Jenis Makanan Sehat Ibu Hamil

Namun berdasarkan pengalaman istri dan tentunya berdasarkan anjuran dokter kandungan beliau, maka berikut beberapa makanan sehat yang cukup ampuh tidak membuat muntah (meski tetap, semuanya bergantung pada kondisi kehamilan sang Ibu yang berbeda-beda) :

  1. Makanlah yang rebus-rebusan. Seperti sayuran di rebus, jagung yang di rebus, siomay atau kerennya dim sum, dan lain-lain.
  2. Kentang goreng yang di cocol dengan sambal ternyata selain enak, tapi juga tak membuat muntah, meski saya yang sering menghabiskan kentang goreng nya :D.
  3. Makan buah-buahan. Jika istri saya lapar dan daripada harus makan yang bisa membuat muntah, lebih baik makan pisang. Karena pisang cukup ampuh membuat kenyang dan tentunya sehat loh. Selain itu buah kurma juga banyak keutamaanΒ  terutama untuk ibu hamil. Pada dasarnya sih istri saya sering makan buah-buahan apa saja seperti pepaya, mangga, dan yang lagi musim sekarang yaitu dukuh.
  4. Mie rebus pake telur pernah membuat muntah, tapi pernah juga ok-ok saja tak membuat muntah. Soal sehat atau tidaknya mie rebus memang patut dipertanyakan, hanya saja mie rebus lebih banyak tak membuat muntah.
  5. Kelapa muda. Katanya kalau sering minum dan makan kelapa muda, nanti anaknya akan mulus kulitnya (katanya loh..). Tapi yang pasti, kelapa muda cukup membuat kenyang dan gak membuat muntah.
  6. Terakhir jangan lupa untuk minum vitamin atau obat yang diberikan oleh dokter kandungan masing-masing.

Pantangan makanan di kehamilan trimester pertama rasa-rasanya banyak sekali, namun yang paling mudah adalah ya jangan makan makanan yang kurang/tidak bergizi. Kalau makan makanan yang bergizi masih muntah, ya bersabar saja karena ada kalanya makan makanan yang bergizi tidak dimuntahkan. Tetap berikan asupan nutrisi yang terbaik untuk kandungan selain tentunya berikan yang terbaik untuk istri dan keluarga Anda tercinta πŸ˜‰

Lalu bagaimana kisah Anda?
Artikel menarik lainnya : 4 asupan gizi untuk ibu menyusui

* sumber foto : 1.bp.blogspot


Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. hmmmhhhh,,,, mkasih y bat infonya.smoga bermanfaat untuk saya dan yng ada d prut sya

  2. Bagus bgt artikelnya kk.bisa buat inspirasi.mksh y kk

  3. maksihh,, tips nya bermanfaatt bgt,, πŸ™‚

  4. salam
    isteri saya awal kehamilan tidak mgalami alahan muntah2,tapi nak masuk 3bulan alahan dia baru bermula.bila muntah sampai kuar kt hidung.

  5. tksh atas sharngnya
    sy jg lg hamil 2 bulan nie.. lg suka banged makan Dimsum krn aromanya tdk buat mual ..
    Tp boleh gak sih sering2 makan Dimsum?

    • sehat sih harusnya dimsum, makanan direbus emang gak bikin mual. cuman klo sering2 wah yang berhak tau jawab boleh/gak nya ya dokter kandungan. kan gimana kondisi si Ibu juga πŸ™‚ makasih

  6. Thx infonya ya ce..pas browsing lsg keluar maminxblog…hehe …

  7. wah ok tu tips ny….saya akan cba deh,,,skarang usia hamil sya sdh 3 bln.,,makasih y tips nya mas…

  8. pengalaman saya yang sempat ngerasain galau waktu istri hamil, bahwa makanan sebagai asupan ketika hamil sah-sah aja bentuknya mau apa aja yang penting memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu dan bayi.. kalau nasi masih muntah ganti aja pengganti nasi yang nilai karbohidratnya sama.. seringnya sih dulu istri makan buah-buahan aja.. tapi emang bener sih setelah 3 bulan terlewati, istri ok-ok aja koq dalam masalah makanan malah sampai naik berat badannya hehe.. selamat menjadi suami siaga πŸ˜€

    • hehe asik pengalaman menarik ya sama-sama galau :D. sip makasih tips nya tapi ternyata sekarang2 istri saya malah pusing2 dan muntah lagi dikit2 sih gak separah 3 bulan awal.

  9. sangat cocok gan …
    sekarang istri saya lagi hamil muda …
    ijin nyimak gan … πŸ™‚

  10. Wahh…alhamdulillah atuh kalo udh ga sering muntah lg mah Minx, hebat uy suami siaga hihihihi

  11. mudah2an bayi dan ibunya sehat yak minx.. gak tahu mau bahas apaan, soalnya belum pernah ngerasain seh πŸ˜€

  12. istighfarin.com
    March 1, 2012 - 11:25 am

    nyimak aja,,, karna lum punya istri πŸ˜€
    saya belajar caranya bikin istri hamil dulu, baru belajar menjaga gizi istri yg sedang hamil seperti artikelnya mas ini πŸ˜€
    Salam kenal

    • uehehe jangan belajar dulu mas kan katanya istrinya blum ada :D. makasih mas udah menyimak.

  13. Janin usia 4 bulan sudah ditiupkan ruh oleh Allah. Sudah waktunya mengadakan syukuran, Gan. πŸ™‚

    • hehe syukuran nanti saja kalau sudah lahiran :D..amin,,makasih mas

      • bener gan, syukuran itu kan kita bersyukur kpd alloh ta’alaa dan syukuran itu kan sudah diatur oleh syariat (bagi yang muslim loh)… mendingan syukurannya pas 7 hari setelah lahir aja (aqiqoh) baru ada syariatnya he,… kalo 4 bulan syukuran, trus 7 bulan syukuran yang ada bisa jebol nih kantong mendingan tabungin aja buat biaya persalinan… btw istri saya sedang hamil muda menginjak 2 bulan jalan 3 hari.. bantu doa yah agan2…

  14. waaaaaaaaaa menarik πŸ™‚
    semoga kehamilannya lancar ya. ibu & bayi sehat.
    amin πŸ™‚

  15. List makanan yang baik untuk Calon istri nantinya

  16. wah,,terima kasih telah berbagi infonya.

  17. Mie rebus???? Yakin itu makanan sehat? Hehe

    • hehe salah emang harusnya judulnya bukan makanan sehat, tapi makanan yang gak bikin muntah. siap di ganti tar judulna. :D. wah soal sehat tidak nya mie rebus, no comment ah tar ada produsen mie yang protes lagi πŸ˜›

  18. Jangan lupa minum susu ibu hamil juga, Minx πŸ˜€
    Rasanya emang kurang enak, karena ada rasa besi. Kalo aku dulu tak ganti susu ultra coklat πŸ˜› Yah, daripada gak minum susu kan? πŸ˜€

    Oya, dulu dokterku suka kasih CDR tiap kontrol. Terbukti anakku sekarang giginya bagus-bagus, gak gigis meski dihantam coklat πŸ˜€

    • eh eh sama banget atuh mbak. awal2 sih minum susu khusus ibu hamil. lama-lama rasanya gak enak jadi minum susu ultra deh yang cokelat, hehehe..

  19. aku pernah baca untuk menahan mualsetelah makan bisa makan pepaya, siapa tau bisa bantu
    mamink punten bukannya gak mau ngajakin kopdar, aku gak punya no hpnya mamink πŸ™‚

    • he gpp atuh mbak iya ya bln ada nmor hp nya dulu gak tukeran . siap teh makasih info nya ya, insyaAllah pepaya bagus emang mbak πŸ™‚

  20. maminx suami siaga .. sampai hapal makanan buat istri yang sedang hamil .. πŸ™‚

    Saya pribadi, selama hamil banyak mengurangi makanan yang mengandung garam, pengawet, dll. Maklum, punya hipertensi ..

    • hehehe siaga 1 teh :D. betul pisan teh itu mah nampaknya umum sih memang harus mengurangi makanan yang banyak mengandung pengawet. kalau pun dimakan biasanya tar di tolak ama bayi, di muntahin πŸ˜›

  21. macafit indonesia
    February 28, 2012 - 8:20 am

    boleh di coba tipsnya

  22. macafit indonesia
    February 28, 2012 - 8:19 am

    Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *