Apa itu Flu Singapura dan 3 Gejala Flu Singapura

Anak kedua saya (ibam) yang masih berusia 1 tahun 10 bulan masih ceria saja di hari Sabtu-Minggu, meski sempat sedikit demam badannya pada hari Minggu. Kemudian di hari Senin pagi, tiba-tiba Ibam mengatakan kepada ibunya bahwa kakinya gatal. Setelah kami lihat, ada bintik-bintik merah di telapak kakinya, tidak banyak hanya sekitar 5 bintik. Kemudian di daerah ketek nya ada semacam gigitan atau sedikit luka. Itulah penglihatan awal kami pada Senin pagi.

Kami pun googling sebentar gejala apakah bintik merah tersebut, dan sempat bertanya kepada grup via WA. Hasil pencarian google dan grup WA mengindikasikan bahwa anak terkena flu Singapura. Meski kami pikir bintik tersebut mungkin hanya karena gatal saja atau kutu air atau gejala cacar. Tak mau berlama-lama kami pun langsung meluncur ke RS Eka Hospital untuk me-check lebih lanjut.

Apa itu Flu Singapura

Sesampainya di RS Eka Hospital BSD, kami berobat dengan Dr.Hendry Tanu spesialis anak. Sambil menunggu waktu konseling, kami disana menemui ada dua orang anak (adik dan kakaknya) yang ternyata mengidap penyakit sama bintik-bintik merah. Kami pun sempat mengobrol dengan orangtuanya anak tersebut dan kesimpulannya virus ini berarti sifatnya menular. Akhirnya tiba waktu konsultasi dengan dokter sekitar 15 menit, hasilnya seperti diperkirakan anak kami didiagnosa mengidap flu Singapura. Lalu apa itu flu singapura ? flu yang bahasa medisnya adalah hand foot and mouth disease atau disingkat HFMD, atau dengan kata lain penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) adalah virus yang menyebabkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut bagian dalam, luka lepuhan juga muncul pada tangan, kaki, dan terkadang pada bokong atau daerah popok. (ref:http://mediskus.com/penyakit/flu-singapura)

Gejala Flu Singapura

Pada dasarnya virus ini bersifat menular dan diakibatkan oleh pertahanan tubuh yang sedang lemah. Sehingga gejala yang timbul akibat flu singapura bisa berbeda-beda, ada yang bintik merah nya parah atau biasa-biasa saja.

flu singapura

flu singapura – bintik merah di telapak dan daerah kaki dan lepuhan di jempol

Lalu apa gejala atau ciri-ciri anak mengidap flu singapura ? Berikut 3 gejala flu singapura antara lain :

  1. Jadi anak saya awalnya hanya flu dan demam biasa. Anak sudah flu sekitar 1 minggu sebelum terjangkit flu singapura (saya dan istri pun sempat kena flu). Kemudian sempat demam sekitar 2 hari sebelum ke dokter dan didiagnosa terkena virus ini. Nahh dari demam itulah mulai muncul bintik merah dikaki dan ketek terlebih dahulu. Kemudian mulailah bermunculan bintik merah pada telapak kaki, tangan, bokong, dan mulut yang bisa mengakibatkan sariawan. Untuk demam / panas berapa derajat, kami tidak mengukurnya. Namun yang pasti demamnya tidak terlalu tinggi dan biasanya demam akan turun dalam waktu 1 hari. Namun jika dalam waktu 3 hari demam belum juga turun atau masih tinggi, dokter menyarankan untuk periksa darah dan check kembali karena dikhawatirkan mengidap Demam Berdarah.
  2. Munculnya bintik merah. Pada waktu pertama kali anak dibawa ke dokter, bintik merah pada anak belum menyebar ke tubuh bagian dalam, masih sebatas bintik merah di kaki dan tangan jumlahnya pun sedikit. Namun sepulang dari RS sekitar sore jelang malam hari, kami lihat bintik merah tersebut mulai menyebar ke bokong, tangan, dan sedikit di sekitar mulut. Bintik merah di kaki pun bertambah. Mungkin akibat virus flu singapura tersebut mengakibatkan gatal, jadi sering digaruk-garuk dan hasilnya bintik merah jadi menyebar luas.
  3. Anak saya mengalami kebiasaan sering memasukkan tangannya ke mulut (di emut), jadi mungkin saja dari sana penyebab flu singapura. Anak pasti sering pegang benda apapun entah itu kotor atau bersih. Jadi saat tangan kotor dan tangannya dimasukin ke mulut, ya otomatis kotoran atau penyakit bisa masuk.
Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. flu dan pilek bedanya apa sich ? dan cara mengobatinya gmana? yang saya tau hanya Cara mengobati pilek 😀

  2. udah sembuh ibam nya? dikasih obat sama dokter?

    Aure juga sama telapak kakinya merah2 gitu, kayak yg ada digambar.
    tapi gak sampai demam.
    Kata dokter (kulit) dia alergi.

    Btw, nice share kang. Semoga sekeluarga selalu diberi kesehatan.

    Mandarceng

    • Sedang proses pemulihan kang darfat. mudah2an aure sehat2 atuh ya n keluarga juga diberi kesehatan, aamiin. kelempung 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *