Balita sering minum teh manis

balita

Khalif sudah besar

Balita sering minum teh manis mungkin banyak dialami para orangtua yang memiliki anak dibawah 5 tahun. Anak pertama saya, Khalif yang saat ini berusia 2 tahun 5 bulan, sering sekali minum air teh manis, jarang minum air putih dan tidak suka susu formula :D.

Ini bermula saat Khalif berusia sekitar 1,3 tahun dimana saat itu dia mulai berhenti menyusui ASI karena istri tengah hamil anak kedua, jadi terpaksa khalif disapih lebih awal karena produksi ASI sudah sangat berkurang. Nah saya lupa persis nya kenapa Khalif sampai kegandrungan teh manis sejak usia 1, 3 tahun itu.

Karena disapih lebih awal, jadi istri mencoba berbagai macam produk susu formula sebagai pengganti ASI, tapi tidak ada yang diminati Khalif, hanya sesekali Khalif suka susu kemasan yang kecil rasa strawberry (indomilk), selebihnya dia lebih suka dengan teh manis.

Mengapa teh manis dilarang untuk balita

Sebenernya teh itu menyehatkan dan menyegarkan terutama untuk orang dewasa, namun ternyata berbahaya bagi balita usia dibawah 1 tahun. Saya sempat melihat acara DR.OZ Indonesia di Trans TV. Kebetulan saat itu lagi membahas makanan & minuman yang tidak dianjurkan oleh bayi berusia kurang dari 1 tahun, dan salah satunya yaitu teh.  Karena teh mengandung tannin yang dapat menyebabkan menurunkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi.

Jadi alih-alih membutuhkan vitamin dan mineral untuk berkembang, yang ada malah dapat menghambat pertumbuhan. Namun saya tidak tahu apakah teh manis boleh dikonsumsi untuk bayi usia lebih dari 1 tahun. Yang jelas Khalif sudah menggemari teh manis sejak usia 1,3 tahun sampai sekarang usia 2 tahun 5 bulan. Dan Alhamdulillah dia sehat-sehat saja bahkan pertumbuhannya tergolong cemerlang :D.

Meski demikian, memang ada beberapa tips untuk mengatur asupan teh atau teh manis pada balita.

  1. Harus tetap diiringi dengan minum air putih. Jangan sampai dalam satu hari tidak minum air putih dan selalu minum teh manis.
  2. Jangan memberikan gula terlalu banyak atau teh terlalu pekat.
  3. Terkadang Khalif tidak sadar tuh kalau ternyata dia sedang minum teh tawar (teh tanpa gula). Jadi jika harus memberikan teh, bisa sambil dikurangi gula nya atau sesekali tanpa diberikan gula.
  4. Orang tua harus bisa mengatur atau melarang anak jika keseringan minum teh manis

Comments

  1. Anak sayah lagi d sapi sama suka nyah teh manis gk mau supor gymana ya tapi air putih juga minum nyah banyak makan juga lumbayan

  2. Anakku umur 2thn akhir” ini suka bgt minum teh manis,krn memang ga suka sufor,agak khawatir jg sih

  3. akhirnya kekhawatiran pikiran saya sama anak saya yang umur 2,3 th,terjawab sudah..,sampai skarang masih minta teh manis kalo bangun tidur pagi..

  4. Ini sama banget seperti anak gw kang, si Pandu doyan banget minum teh, awalnya sih gara-gara ngeliatin bapaknya tiap pagi minum teh, atau kalo sabtu-minggu di rumah memang saya sering minum teh.

    Awalnya emang ragu, ini anak boleh diminumin teh gak ya, dan pas browsing2 memang betul, teh menghambat penyerapan zat besi, jadi gw berpikir buat ngasih pandu minum teh dikit-dikit aja, alias barengan 1 gelas ama gw, hahaha 😀

    oiya, kurangin gula juga, karena pernah beberapa kali pas minum teh kemanisan dan dia malah suka banget diminum ampe bener2 habis itu teh nya, hahaha 😀

  5. hati hati mas, nanti anaknya jadi obesitas

  6. aku malah gak suka teh manis loh 🙂 orang sunda banget ua gak suak yang manis2

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *