Berolahraga sekaligus rekreasi ke Taman Hutan Raya Juanda

Seperti pada artikel sebelumnya yaitu 5 tempat wisata terdekat hotel Sheraton disana dibahas salah satunya tentang Taman Hutan Raya Ir.Juanda yang terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan. Taman Hutan Rakyat Dago atau dikenal Tahura ini merupakan kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman (ref:wikipedia). Taman ini bisa jadi tempat favorit rekreasi warga Bandung dan sekitarnya karena Tahura ini menyajikan wisata yang lengkap. Disana terdapat museum, ada peninggalan sejarah berupa Gua Belanda & Gua Jepang, terdapat beberapa curug, dan sering digunakan juga untuk sarana / ajang untuk team building, outing, berkemah, olahraga, hingga pacaran 😀

Berolahraga ke Taman Hutan Raya Juanda

Saya sudah berkunjung ke taman ini beberapa kali sejak zaman SMA hingga sekarang sudah berkeluarga. Tempatnya masih saja mengasyikkan dan tentu udaranya sangat menyegarkan. Untuk mencapai Tahura bisa melalui Dago atau via Cikutra. Waktu zaman SMA, saya berkunjung ke Tahura melalui jalan Cikutra dengan berjalan santai bersama teman-teman. Seru sekali melewati berbagai rintangan dan pedesaan. Adapun terakhir kesana saya berolahraga (lari) dari hotel Sheraton Dago meluncur dari pukul 06.00 hingga Maribaya sejauh kurang lebih 8KM dan kembali lagi ke Hotel sekitar pukul 09.00.

berolahraga di taman hutan raya Juanda menyegarkan asik

berolahraga di taman hutan raya Juanda menyegarkan asik

Jalur menuju Taman Hutan Raya Juanda

Jalur menuju Tahura Juanda untuk jalur umum (via kendaraan) yaitu dengan lurus saja dari Terminal Dago, kemudian ambil arah kanan, kemudian belok kiri menuju Tahura dan lurus atau ikuti jalur utama saja hingga ditemukan gerbang masuk Taman Hutan Raya Juanda.

Adapun untuk jalur jalan kaki/olahraga lari atau bersepeda, yaitu dari Terminal Dago tetap ambil arah kanan, ikuti jalan utama dan tak lama kemudian akan ditemukan sebuah gang dengan jalur menanjak, yaitu gang Ciogog (terdapat palang informasi Jalur alternatif Taman Juanda). Jalur ini hanya bisa ditempuh oleh berjalan atau bersepeda. Sekitar 300 meter berjalan di gang tersebut. Nanti akan ditemukan unit kecil PLTA Saguling.

Setelah menemukan PLTA Saguling, ada petunjuk menuju Tahura dengan belok kiri turun menuju gang kecil dan perumahan dengan menyusuri selokan dengan air yang bersih (jangan ragu untuk bertanya jika bingung ya). Tetaplah berjalan hingga ditemukanlah pintu masuk Taman Hutan Raya Juanda. Jika melalui jalur gang ini pagi pukul 06.00-07.00, maka biaya masuknya gratis karena tidak ada penjaga di pintu pos gerbang masuk hutan :D. Mungkin tak banyak juga orang yang melalui jalur ini.

Gua Belanda dan Gua Jepang

Wisata di Taman Hutan Raya memang beragam ada curug, taman, museum, dan lain-lain. Namun wisata yang paling favorit adalah Gua Belanda dan Gua Jepang. Jarak antara Gua Belanda dan Gua Jepang tidak terlalu jauh sekitar 500M saja. Perbedaan antara Gua Jepang dan Gua Belanda adalah Gua Jepang relatif lebih panjang dan banyak lorong yang bisa dijelajahi, pintu masuk dan keluarnya pun ada beberapa. Sementara Gua Belanda bentuknya lurus saja antara jalur masuk dan jalur keluar gua. Terdapat beberapa lorong yang katanya dulu merupakan tempat interogasi atau penahanan. Gua Belanda merupakan jalur pintas menuju wisata curug dan Maribaya.

foto dari dalam gua jepang

foto dari dalam gua jepang

gua jepang

gua jepang relatif lebih luas

Adapun jarak antara Gua Belanda menuju Maribaya adalah sekitar 4 KM. Banyak wisatawan yang menuju Maribaya dengan jalan kaki bersama teman-teman atau bahkan keluarganya. Karena udara yang segar dan pohon dan tanaman hijau nan rindang memang bisa me-refresh pikiran dan menyejukkan mata. Cocok sekali dimanfaatkan untuk jalan-jalan atau berolahraga. Lalu Bagaimana pengalaman rekan-rekan berwisata di Taman Hutan Raya Ir.Juanda ?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Wah asik nih joging ke Tahura ini. Kesegaran udaranya pasti bikin segar.
    salam

  2. aku malah belum pernah ke TAHURA nih, tapi anakku udah pernah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *