Definisi dan Penyebab Kontraksi Ibu Hamil

alifTak terasa saat anak pertama kami Khalif berusia 15 bulan. Seiring itu usia kehamilan istri saat ini beranjak usia 4 bulan. Pada saat kami mengecek kehamilan ke R.S. St.Carolous di Summarecon yang mana itu adalah rumah sakit ke-3 karena kami sempat gunta ganti R.S untuk mengecek kehamilan ini, alhamdulillah janin dalam kondisi sehat namun istri mengalami penebalan dinding rahim akibat kontraksi. Lalu apa itu kontraksi ?

Definisi Kontraksi Ibu Hamil

Kontraksi ibu hamil pada dasarnya terbagi menjadi dua, yaitu kontraksi semu dan kontraksi asli (usia 9 bulan saat akan melahirkan). Karena kehamilan istri baru 14 minggu sehingga masuk kategori trimester kedua, kemungkinan besar itu adalah kontraksi semu/palsu yaitu rasa mulas di perut akibat gerakan janin dan lainnya. Ciri dari kontraksi semu antara lain :

  1. Kontraksi atau timbul rasa mulas dalam waktu yang tidak lama/sementara dan tidak beraturan.
  2. Rasa mulas tidak semakin kuat dan cepat.
  3. Kontraksi akan berkurang / hilang dengan misalkan mengubah posisi tidur, beristirahat, meninggikan posisi kaki dan mengganjal pinggang.

Penyebab Kontraksi

Memang kontraksi semu/palsu relatif terjadi di awal kehamilan/memasuki trimester kedua. Namun seperti dilansir ayahbunda.co.id, kontraksi di awal kehamilan dapat menjadi penyebab kelahiran premature jika ditandai denganĀ kontraksi semakin kuat selama beberapa jam/hari, keluar darah/cairan dari vagina. Secara umum ada tiga penyebab kontraksi semu, yaitu :

  1. Mengangkat beban yang berat. Mengingat istri masih sering menggendong anak pertama kami terutama ketika anak sedang rewel, mengakibatkan istri seringkali mengalami mulas/kontraksi.
  2. Menyusui/memberikan ASI.
  3. Dehidrasi. Jadi jangan sampai kurang minum.
  4. Berhubungan seks.

Untuk mengurangi kontraksi, dapat dengan mandi air hangat, bernapas dalam teratur, tidur menyamping atau rebahan dengan posisi senyaman mungkin, cukup minum, dan istirahat cukup. Anda para Ibu hamil tentu lebih tahu bagaimana perihnya kontraksi karena saya tidak akan pernah merasakan sakitnya hamil. Saya hanya meneliti, melihat perkembangan kehamilan istri, dan mencari referensi.

Saya hanya bisa berusaha untuk membantu kehamilan istri dan tentu berdoa semoga para ibu hamil sehat-sehat selalu ya, amin..

Referensi penyebab kontraksi : Buku “Having A Baby” karya Dr.Oz Hal.255


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *