Efek Merapi

Dari kejauhan terlihat Gunung - itu adalah anak Krakatau

Banyak artikel/postingan mengenai bencana letusan Merapi. Dimulai dari berita mengenai almarhum mbah Maridjan, suasana Jogja, situasi pengungsian, sampai berlomba-lomba dalam membuka donasi untuk korban Merapi. Namun jarang /mungkin belum ada yang membahas bagaimana efek letusan Merapi tersebut terhadap pariwisata.

Well jika saya lihat berita di TV memang bencana Merapi sudah memberikan dampak seperti sepi nya pusat jajanan Malioboro dari para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Saya pikir wajar karena Merapi dan Malioboro sama-sama terletak di Jogja, provinsi DI Jogjakarta sehingga tentu akan memberikan dampak terhadap penurunan pengunjung/wisata di Jogja sendiri *cmiiw bagi warga yang berada di Jogja karena sumber saya hanya berita di TV*.

Nah ternyata dampak penurunan wisata pun tak hanya di daerah Jogja tapi sampai ke wisata pantai Carita, provinsi Banten. Bukan maksud saya untuk bersenang-senang dikala Indonesia sedang berduka oleh bencana Mentawai dan Merapi, tapi karena acara family gathering kantor ini sudah dicanangkan dan hotel (cottage) sudah di booked jauh-jauh hari.

Sehingga dengan hati was-was karena khawatir meletusnya Merapi akan membawa dampak juga terhadap aktivitas gunung Krakatau, khawatir ikut meletus lah, tsunami lah, dan kecemasan lainnya, kami tetap berangkat ke Mutiara Carita Cottage (tempat penginapan kami) meski dengan personil yang tidak lengkap karena banyak yang nggak ikut akibat kecemasan tersebut.

Family Gathering PT.Panca Global Securities, Tbk.

Nah sesampainya disana, ternyata pengunjung yang ada hanya rombongan kami saja. Sedih, senang, dan heran campur aduk. Sedih karena yang ikut nggak lengkap, senang udah sampai sana, dan heran karena hari itu adalah week end tapi kok sepi. Bayangan saya suasana disana bakal ramai, minimal nggak hanya di isi oleh rombongan kami saja.

Kemudian saya tersadar bahwa sepinya pengunjung disebabkan saat ini masyarakat diliputi kecemasan seperti yang telah disebutkan diatas. Tapi toh pemerintah pun tidak mengeluarkan anjuran atau travel warning untuk mengindari wisata di pantai Carita, jadi mengapa meski takut ? Salah satu penjaga cottage disana mengatakan bahwa pemberitaan televisi yang berlebihan turut memengaruhi pengunjung yang mengalami penurunan drastis. Padahal katanya dari tempat kami menginap kita bisa melihat anak krakatau di malam hari sangat indah karena dibeberapa kesempatan pernah memunculkan api, *hihi pemandangan indah bercampur was-was itu mah* Tidak membahayakan karena jarak dari cottage ke anak Krakatau adalah + 45Km.

Menurut karyawan cottage - Ini adalah Anak Krakatau sedang "bersin-bersin"

Yang pasti kasian juga masyarakat sekitar sana yang mata pencahariannya seperti usaha warung, menjual jasa, menyewakan banana boat, perahu dan lainnya yang kemungkinan penghasilannya berkurang drastis. Dimana mungkin biasanya ketika week end mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Ya mudah-mudahan saja situasi mencekam ini segera berakhir. Dengan iringan doa bagi para korban Merapi dan Mentawai, saya berharap dan berdoa semoga wisata khususnya di daerah bencana dan rawan bencana kembali ramai, situasi pun kembali aman, amin. So bagaimana dengan rekans sekalian ada pengalaman yang ingin dibagi ? Sok atuh cerita :mrgreen:

Comments

  1. ah, tak kirain beneran efek merapi bisa sampai sono…ternyata efek pemberitaan

    salam dari Jogja

  2. ayo posting lagi!

  3. Fir’aun NgebLoG
    November 29, 2010 - 10:41 am

    kunjungan politik bRo.. 😀

  4. Fir’aun NgebLoG
    November 29, 2010 - 10:40 am

    kunjungan politik bRo… 😀

  5. Efeknya kemana mana, sampai ke pariwisata juga ya..Moga2 aja ini semua lekas berakhir, dan semua bisa memetik hikmah dibalik bencana..
    Apa kabar mas? maaf baru bisa BW sekarang.

  6. Fir’aun NgebLoG
    November 28, 2010 - 11:25 am

    kunjungan politik nich bRo….
    mohon dukungannya di sini http://argunbdg.com/raport-merah-komunikasi.html yach…trim’s 😀

  7. Gunung bisa bersin juga ya mas? hehe,,
    salam kenal, ^_^

  8. Nice Share Sobat…
    salam knl ya…
    jika berkenan silahkan mampir balik….

  9. Membalas kunjungan om maminx…masih sibuk ya…ditunggu tulisan berikutnya…

  10. tetap berdo’a untuk saudara-saudara kita di sana, atau mungkin termasuk beberapa di antara kita, heu..

    • @ putri fajar : iya setuju, amin..
      @ ummurizka : iya ummu masih ribet ma kerjaan baru nya nih. Segera berkecimpung lagi di postingan baru tar, insyaAllah.
      @ ahmed: hmm gak sempet merhatiin lebih jauh jg, cuman sempet main banana boat aja gitu. Pantai nya mah biasa saja sih 😀
      @ botzz : nice comment sob, siap tks.

  11. gunung krakatau..maksudnya anak krakatau…kenapa ya kok ikut-ikutan bersin-bersin…
    apakah ini hanya efek latah… moga aja gitu… abis itu udah sembuh dengan sendirinyaa… moga gak ampe mbledug amiiin

  12. wah keren ya krakatau, tapi tetep ati-ati aja brur

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *