Flu Singapura bersifat menular dan bisa menyerang orang dewasa

Pada artikel yang pernah saya bahas tentang gejala flu singapura, disana disebutkan bahwa flu singapura relatif hanya menyerang anak usia 1-10 tahun. Teori itu memang dikuatkan oleh dokter yang dulu memeriksa anak saya saat terkena flu tersebut. Namun ternyata flu singapura juga bisa menyerang orang dewasa.

Flu singapura jelas bersifat menular. Awalnya hanya anak kedua saya (Ibam, 1.10tahun) yang terserang. Namun beberapa hari kemudian anak pertama saya (Khalif, 3.6tahun) juga terserang virus tersebut. Dan belum satu minggu anak-anak saya kena flu singapura, giliran saya yang kena. Jadi selain flu singapura bersifat menular, juga bisa menyerang orang dewasa. Jadi awalnya di hari Jumat saya terkena demam/meriang. Esok harinya (Sabtu) badan sudah relatif membaik, namun muncul bintik merah di tangan sebanyak 4 titik. Dan di sore harinya, bintik merah semakin bertambah dan menyebar ke kaki, tapi jumlahnya tidak sebanyak yang diderita anak saya. Setelah cek kedokter, benar saya kena HFMD atau flu singapura dan hanya diberi vitamin saja untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Beda Flu Singapura pada anak dan orang dewasa

Terdapat perbedaan ciri flu singapura yang terjangkit pada anak dengan orang dewasa berdasarkan yang kami alami, antara lain:

  1. Jumlah bintik merah yang diderita. Bintik merah yang dialami anak-anak relatif menyebar dan banyak seperti pada tangan, kaki, siku, lipatan lutut, dan mulut. Sementara saya hanya mengalami bintik merah pada tangan dan kaki, itupun jumlahnya total hanya sekitar 17 bintik merah atau tak banyak.

    flu singapura

    Kiri: dialami anak pertama saya. Kanan: tangan saya

  2. Bintik merah pada orang dewasa tidak seperti luka atau lepuhan dan tidak timbul-timbul. Sementara bintik merah pada anak ada yang seperti luka atau seperti bisul timbul-timbul dan mengeluarkan cairan ketika bintik tersebut pecah.
  3. Flu singapura pada orang dewasa relatif cepat sembuh. Saya merasa gatal akibat bintik merah hanya dirasakan pada hari ke 1 dan 2 saja. Kemudian bintik tersebut mulai memudar atau berwarna merah tua dan tidak gatal lagi di hari ke-3. Kuncinya adalah tahan gatalnya jangan sampai di garuk. Sementara pada anak, bisa sembuh tergantung daya tahan tubuh sang anak, ada yang 5 hari atau 10 hari. Mungkin orang dewasa bisa lebih cepat sembuh dari flu tersebut karena kita lebih paham menjaga kesehatan dan bisa banyak minum.

Memang kadar parah tidaknya bintik merah yang menyebar terhadap penderita flu singapura adalah bergantung dari daya tahan tubuh kita. Jika tubuh sedang kurang, bintik merah bisa muncul banyak dan penyembuhan lebih lama. Namun jika badan sedang kondisi ok, ya penyebaran bintik merah tak terlalu luas dan insyaAlloh sembuh lebih cepat.

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. yang bikin susah sariawan di mulut ya kasihan anak2 susah makan

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *