Inilah 4 alasan operasi caesar

Halo, Aku Ibam ūüôā

Ini adalah proses melahirkan anak kedua yang dialami istri saya. Jika pada kehamilan pertama istri bisa melahirkan secara normal, namun pada kehamilan kedua (melahirkan pada bulan April 2014), istri diharuskan melahirkan secara operasi sesar. Deg-degan, tegang, khawatir, nervous, pastilah dirasakan istri saya, begitupun saya yang siaga di rumah sakit bersalin saat istri akan melahirkan.

Jika harus memilih lebih baik melahirkan normal atau caesar? saya yakin banyak yang memilih melahirkan normal meski tidak sedikit juga yang ingin melahirkan secara caesar meski si Ibu bisa melahirkan normal. Melahirkan normal selain biaya lebih murah, pemulihan cepat, dan terjalin kasih sayang lebih besar antara bayi dan Ibu. Namun ada juga kondisi yang memaksa atau mengakibatkan Ibu harus melahirkan secara caesar.

4 alasan operasi caesar

Menurut beberapa referensi, jika tidak ada rekam jejak melahirkan caesar, maka kecil kemungkinan Ibu akan melahirkan caesar. Namun berikut 4 alasan operasi caesar berdasarkan pengalaman dan referensi.

  1. Posisi bayi sungsang. Ini adalah alasan utama istri melahirkan bayi kedua secara caesar. Selain posisi bayi sungsang, air plasenta pun semakin berkurang jadi bayi harus segera di lahirkan secara operasi. Sebenarnya istri sudah berusaha keras dengan melakukan teknik / cara mengatasi sungsang¬†karena kami sangat pro dengan melahirkan secara normal. Namun apa daya hingga usia kehamilan 40 minggu, posisi bayi masih saja sungsang, operasi tak dapat dihindarkan. ūüôā
  2. Bayi kembar. Biasanya bayi kembar akan dilahirkan secara operasi caesar.
  3. Plasenta previa. Yaitu kondisi ari-ari menutup sebagian atau seluruh jalan untuk melahirkan.
  4. Kondisi Ibu lemah. Istri saya cerita bahwa saat kehamilan pertama (normal), memang perjuangannya luar biasa, betul-betul kondisi antara hidup dan mati. Karena bisa saja Ibu tak kuat “ngeden” dan kehilangan¬†nafas atau tidak kuat lagi untuk kontraksi. Jika kondisi membahayakan tentu dokter akan menyarankan untuk operasi caesar.

Lalu bagaimana kisah Ibu ?


Comments

  1. Jual Kain Troso
    August 20, 2014 - 4:37 pm

    Memang paling benar mengikuti saran dokter, kasihan kalau ibunya lemah tapi dipaksakan lahir normal

  2. Sekarang banyak juga ya ibu Yang melahirkan dengan operasi caesar

  3. tes

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *