Kesan Kesan Ganti Media Nico Filter

Sudah hampir 3 tahun saya menggunakan nico filter untuk rumah di Serpong Garden. Mengingat air di rumah saya yang kotor, bau mangan, dan agak berminyak maka dengan terpaksa kami harus menggunakan filter supaya air bersih dan keluarga sehat, apalagi perumahan kami di Serpong Garden 1 tidak memiliki air PAM (untuk pembaca yang sedang mencari rumah, ada baiknya beli rumah yang sudah terpasang PAM sehingga tidak direpotkan perihal air bersih). Selama sekitar 3 tahun menggunakan Nico filter kami sangat puas karena air bersih yang didambakan bisa kami dapatkan.

Sampai akhirnya kira-kira sejak 4-6 bulan lalu debit air dirumah mengalir kecil sekali bahkan terkadang tidak keluar air. Untuk mengisi air satu ember berukuran sedang terkadang bisa terisi penuh dalam waktu 15 menit. Ketika sedang melakukan proses backwash atau pembersihan filter pun seringkali air yang keluar sedikit sekali padahal biasanya mengalir deras. Kami pun berkonsultasi kepada nico filter dan mereka menyarankan mengganti media filter dengan harga Rp1,400,000. Setelah hampir 3 tahun saya rasa wajar jika harus mengganti media filter.

Teknisi Nico Filter yang handal dan pantang menyerah

proses ganti media pada tabung filter

proses ganti media pada tabung filter

Saat itu kami ditangani oleh teknisi yang bernama Pak Ade. Beliau datang jauh-jauh dari Grogol ke bilangan Desa Cisauk yang jauh menggunakan motor dan membawa 2 karung media filter (pasti berat). Orangnya ramah dan beliau datang agak siang pukul 13:00. Tujuan semula yaitu hanya mengganti media filter saja, tapi karena air mengalir kecil sekali sehingga Pak Ade melakukan inspeksi / analisa terlebih dahulu penyebab debit air keluar sangat kecil.

Setelah di cek didapati semua pipa yang terpasang (baik pipa dari bawah tanah maupun ke pompa), sudah dipenuhi oleh air tanah yang tentu akibatnya air akan sulit tersedot/mengalir. Bahkan tanah yang menempel di pipa tersebut beberapa sulit di bersihkan atau sudah mengeras, mungkin saking sudah kotor akut. Kemudian pekerjaan terhenti cukup lama karena hujan mengguyur deras.

Setelah hujan reda sekitar pukul 15:30, kami akhirnya sepakat untuk mengganti semua pipa yang ada daripada harus membersihkan kotoran tanah yang pasti tak akan jadi benar-benar bersih dan makan waktu lama. Saat itu kami membeli pipa 3 buah x 4 meter sehingga total panjang pipa 12 meter yang berukuran 3/4, dan filter ujung pipa diganti menjadi tembaga. Hari semakin sore dan saat itu Pak Ade baru selesai membersihkan pipa. Hujan mengguyur deras lagi dan baru mulai reda pukul 17:00. Air di rumah semakin sedikit dan saya semakin khawatir kalau pekerjaan tak selesai atau Pak Ade teknisi Nico Filter menyerah, maka tak akan ada air, skenario terburuk adalah minta air ke tetangga :D.

Setelah urusan pipa selesai sekitar pukul 17:00, dengan inisiatif tinggi Pak Ade juga membersihkan pompa listrik dan isi pompa pun dikotori oleh tanah. Kecelakaan terjadi ketika ada yang patah saat Pak Ade membersihkan pompa tersebut, efeknya pompa belum bisa digunakan sampai pompa diperbaiki atau diganti. Sekarang saya semakin deg-degan dan istri mulai ikut-ikutan nimbrung menanyakan sudah selesai atau belum, anak-anak mulai loncat-loncat sedikit mengganggu pekerjaan. Sekitar pukul 18:00 hujan deras lagi dan tentu pekerjaan terhenti, akhirnya rehat sejenak dan Pak Ade makan terlebih dahulu sambil mengobrol ringan menghilangkan kekhawatiran. Hujan reda sekitar pukul 19:00, pekerjaan dilanjutkan dan pompa listrik yang tadi patah berhasil di akalin oleh Pak Ade sehingga pompa berfungsi kembali, super sekali.

Singkat cerita, Alhamdulillah pekerjaan selesai pukul 21:15. Sehingga pekerjaan semula yang awalnya hanya untuk ganti media filter dari pukul 13:00, selesai pukul 21:15 karena beberapa pekerjaan tambahan :). Saya kagum dengan etos kerja Pak Ade yang pantang menyerah dan kesadaran akan menyelesaikan pekerjaannya. Sebetulnya jika semua lancar hanya ganti media filter, hanya dibutuhkan waktu 1 jam saja.

Semoga Nico Filter semakin berjaya. Lalu bagaimana pengalaman rekan-rekan menggunakan produk filter air?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. wow sip mas sharing nya

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *