Makanan tambahan bayi 10 bulan

salak
khalif makan salak

Biasanya ASI ekslusif diberikan kepada bayi selama usia 4 hingga 6 bulan. Setelah itu seiring perkembangan bayi, seiring itu pula bayi memerlukan asupan dan gizi tambahan. Saat itu mulailah orangtua memerkenalkan makanan tambahan dimulai dari makanan yang bersifat sangat lunak seperti bubur susu agak kental, sari buah, dan makanan lunak lainnya.

Ukuran kekentalan makanan memang perlu diperhatikan untuk makanan tambahan bayi di usia 6 sampai sekitar 8 bulan. Pada usia 8 bulan, dimana bayi mulai tumbuh gigi biasanya sudah bisa diberikan makanan seperti biskuit dan buah-buahan. Namun beranjak usia 10 bulan, makanan tambahan yang dikonsumsi semakin bervariasi. Dan berikut makanan tambahan bayi 10 bulan seperti yang anak kami makan / rasakan :

  1. Buah-buahan seperti pisang, jeruk (dikupasi kulit jeruknya terlebih dahulu), salak (hati-hati biji salaknya tertelan), melon, semangka, tomat, alpukat, dan lainnya. Anak kami relatif suka / tidak pilih pilih jika diberikan buah-buahan.
  2. Bubur ayam. Isinya hanya bubur tanpa bumbu apapun dan ayam disuir-suir.
  3. Sayuran seperti wortel, kentang, buncis dan sejenisnya yang mana sayuran tersebut mudah untuk digigit oleh giginya.
  4. Makanan bertipe gandum seperti Roti yang ada isinya (bukan roti tawar), brownies.
  5. Puding, nutrijel, dan makanan sejenisnya.
  6. Jus buah.
  7. Tahu (isi tahu nya, tanpa kulit). Ini adalah salah satu makanan favorit anak kami. Selain harga terjangkau, tahu juga kaya gizi seperti lemak, karbohidrat, protein, kalsium, besi, dan lainnya *.
  8. kue-kue an seperti biskuit, cracker, kue marry, dan sejenisnya. Dalam masa perkembangan / pertumbuhan gigi, baik juga diberikan kue, biskuit, ataupun wortel untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Pernah juga kami coba beri makanan instan untuk bayi yang banyak dijual di supermarket, namun ternyata anak tidak terlalu suka. Jadi bersyukurlah anak kami lebih menyukai makanan tambahan yang alami / yang dimasak oleh ibu nya :)

Bagaimana dengan anak rekan-rekan ?

Referensi tambahan female.kompas
* Ref gizi tahu : eemo-esprit dan keju.blogspot

8 thoughts on “Makanan tambahan bayi 10 bulan”

  1. saya belom punya anak mas
    tapi emang kalo umur segitu makanan tambahannya gajauh beda seperti yang mas sebutin di atas..
    saya pernah liat pas adik saya dulu masih kecil
    hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

die("comments disable");