Mengapa sesak napas atau tersengal-sengal saat hamil dan solusinya

Seperti yang pernah diulas mengenai keluhan kehamilan di trimester akhir, keluhan yang terjadi memang berbeda-beda, ada juga calon Ibu yang mengalami nafas serasa habis atau tersengal-sengal seperti habis berolahraga, atau merasa cepat capai karena rasanya kurang asupan oksigen.

Mengapa Sesak Nafas

Sesak nafas saat hamil adalah hal normal, menurut buku “Having a Baby” karya DR.OZ, tersengal-sengal atau sesak nafas karena paru-paru sedang memproses sekitar 40% lebih banyak udara daripada yang dilakukan ketika Anda tidak hamil. Dan saat si bayi tumbuh dan membutuhkan lebih banyak ruang dalam tubuh si Ibu, ukuran paru-paru akan mengecil.

Sehingga di trimester ke-3, karena ukuran paru-paru mengecil seiring perkembangan bayi, mungkin itulah mengapa Ibu merasa cepat letih, inginnya rebahan atau bersantai saja dan tak kuat jalan jauh-jauh.

Solusi Mengatasi Sesak Nafas

Untuk mengatasi sesak nafas atau tersengal bisa dilakukan dengan menyesuaikan posisi tidur. Posisi tidur lebih baik memang menghadap menyamping ke arah kanan/kiri dan tidak dianjurkan terlentang. Namun jikapun harus terlentang, dapat disesuaikan posisinya seperti pada gambar dibawah ini

sesak nafas

punggung disangga dengan bantal seperti pada tanda panah merah diatas. Berat/beban kearah bawah sehingga paru-paru tidak tertekan, sesak napas pun akan terhindarkan

Dan gambar dibawah ini adalah penyebab posisi istirahat terlentang yang dapat menyebabkan sesak nafas

tidur sesak nafas

beban/berat kearah atas mengakibatkan paru-paru akan tertekan&mengakibatkan sesak napas

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. aku sekarang lagi hamil 2 bulan aku suka sesak mau siang atuou pun malam apalagi klou mu tidur nyampe nangis nangis mudah mudahan dengan mengikuti tip anda kami bisa membaik

  2. trmksh ats infonya,,smlm sya sesak nfas,,smpe ga bsa tdr,,,nnti sya akn coba

  3. seperti yang saya alami,,persis banget..
    apalagi saya ibu muda dan kehamilan pertama,jadi info seperti ini sangat membantu..terima kasih infonya..

  4. Trims bnyk tipsnya, kbtulan istri lagi hamil 7 bln, klo mlm kadang sesak nafas smpe susah tidur.

  5. makasih infonya

  6. makasih atas infonya kebetulan istri ane lg sesek saat 6 bulan kandungan, semoga tuhan membalas kebaikan anda2 semua. Amien

  7. Kalau gua malah kasian ama istri, dah anak yg ke – 4 tp msh sama waktu ank yg 123, ya klw memang udah kodrat tggl kita kuatain aja morilnya, mksh tipsnya semoga para ibu dpt imbalan dari yg kuasa?

    • Amin Ya Rabbal Alamin, insyaalloh ibu mah dapat imbalan luar biasa ya, perjuangannya hebat banget dari hamil, melahirkan, sampai mengurus anak

  8. trimakasih untuk tifsnya kebetulan istri saya sedang hamil 2 bulan dan sering mengalami sesak nafas………

  9. terima kasih tipsnya, kebetulan tadi istri saya juga mengalami sesak nafas dan lagi hamil 7 bulan :)

  10. pergi aja ke evtin cari yang namanya tarmi gile langsung sesak nafas nyaz ilang biasanya , sang ibu masuk angin metodenya dua minum obat dan di urut bagian dada yang sesak wow cepet sembuh ,kehamilan waktu itu terjadi 8 bulan mulai sesak nafas

  11. itu pernah terjadi sama saya, sesak nafas dan ketika bernafas sangat lsakit,solusi saya pergi ketukang pijit yang berada di kawasa taman puring , kemudian staff nya akan mulai memijidibagian dada yang sesak biasanya angin masuk menyumbat pernapasan , kemudia di pijit bagian belakang abis itu itu saya bisa tidur terlentang

  12. Dhenok Habibie
    May 27, 2012 - 4:26 pm

    bagus tipsnya mas, tapi semoga nanti pas dhe hamil tidak mengalami sesak.. hehe 😀

  13. suyadi suryo soetardjo
    May 23, 2012 - 5:02 am

    lumayan, nambah wawasan buat modal pas istri hamil nanti..
    makasih sob..

  14. iya neh.. sedangkan kalau kekeyangan aja beda ya penarikan nafasnya.. apalagi kalau sedang hamil…

    *waduh komen aku gak mutu banget* *kabur sebelum malu*

  15. sesek sih gak tapi gak bisa tidur kalau dulu, biasanya tidurnya agak duduk gitu

  16. seingatku dulu nggak pernah merasa sesak sewaktu hamil… bersyukur banget

    • bersuyukur banget klo gitu bunda, emang suka beda-beda kan ya keluhan waktu hamil :)

  17. ihh..jadi inget waktu hamil Olive..
    seneng banget,..
    iya Minx suka engap, memang lebih baik posisi tidur nya lebih enak menyamping..

    Aku menikmati waktu hamil, jadi ga pernah berasa banget merasakan keluhan,..

    • setuju banget mbak dinikmati aja ya meski saya gak hamil ;). kan insyaAllah itu ibadah ya teh. salam

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *