Mengatasi biduran pada balita

Biduran atau timbulnya ruam ruam dan bentol merah yang menyebabkan gatal dialami oleh anak saya yang kedua (Ibam). Jika dulu Ibam pernah terkena virus flu singapura, sekarang terkena biduran. Jadi mulanya saat bangun tidur, ibam mengeluhkan gatal-gatal pada paha nya. Di usia Ibam menginjak 2,5 tahun, dia sudah bisa berbicara cukup lancar dan bisa dimengerti, jadi ketika dia merasakan sesuatu atau mengeluh gatal atau sakit, kita orang tuanya cukup terbantu dan bisa segera memberikan penanganan.

Penyebab Biduran pada balita

Setelah Ibam mengeluh gatal tadi, kami anggap biasa saja mungkin efek bangun tidur atau biang keringat atau memang lagi gatal saja. Kami pun tidak terlalu menghiraukan dan melihat bagaimana kulit dia sehingga bisa menyebabkan gatal. Nah pada siang harinya ternyata bentol dan ruam merah yang dialami Ibam semakin menjalar, semula hanya di paha, kemudian menjalar ke badan dan belakang punggung seperti gambar dibawah ini.

biduran

bentol merah para area perut seperti kena gigitan serangga

Bersyukur kami memiliki tetangga dekat rumah yang berprofesi seorang dokter, sehingga untuk penanganan pertama kami berkonsultasi kepada dokter tetangga tersebut dan disimpulkan Ibam terkena biduran. Penyebab biduran bisa diakibatkan oleh gigitan serangga, terkena tumbuhan, atau alergi. Apakah penyakit biduran ini menjalar? Ya biduran ini bersifat menjalar, jadi ketika bentol merah hilang di paha, hari berikutnya akan kena ke badan, punggung, belakang leher, muka, kening, dan area tubuh lainnya.

Mengobati Biduran pada balita

Selesai berkonsultasi pada dokter, kami di haruskan membeli obat untuk mengatasi biduran yaitu obat bernama Cetirizine yang merupakan obat untuk mengetasi gejala alergi, gatal serta ruam pada kulit (ref: http://www.alodokter.com/cetirizine).

cetirizine

cetirizine harga 50ribuan

Harga obat ini adalah sekitar Rp50,000. Sebetulnya ada obat yang generic yaitu Cetirizine sirup yang harganya terjangkau yaitu 15ribu. Namun karena obat yang harga 15ribu tersebut sedang habis, jadi kami membeli obat yang disamping ini. Bagaimana takaran obatnya? cukup minum sebanyak dua kali perhari dengan takaran satu sendok teh.

Pada dasarnya hanya menyebabkan gatal dan ruam atau bentol merah dikulit saja, sehingga anak bisa beraktivitas normal seperti biasa main dan melakukan akvitas lainnya. Setelah minum obat ini, anak sembuh dari biduran sekitar 10 hari. Setelah sembuh, hilanglah bentol merah itu dan tidak ada bekasnya sama sekali.

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. hai kang maminx dah lama g ksini ^^
    bener banget kalau anak mengalami gatal suka gak nyaman banget..
    kasian.. dulu pas anak2 masih kecil suka gitu, tapi kbanyakan gatel karena biang keringat, digigit nyamuk atau bahkan pernah kena herpes juga..tapi alhamdulillah gak lama dan jangan sampai kena alergi sesuatu..karena suka repot 🙂 semoga anak-anak kita selalu sehat kang ^^ aamiin

    • eh muhun udah lama ya gak main2 kemari :D. Sama saya juga udah lama tak sowan ke papaz.com nih. Aamiin mudah2an keluarga sehat-sehat ya kang.
      Tqu.

  2. Alhamdulillah pas udah ngelakuin cara diatas ade saya gak lama sembuh..

  3. Terima kasih informasi sangat membantu saya mendapat solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *