Pengalaman Menggunakan Nico Filter di Serpong

filter airSudah hampir satu tahun kami tinggal di Perumahan Serpong Garden. Dengan udara dan lingkungan yang masih segar, kami tentu mensyukuri tinggal di daerah Serpong ini. Meski demikian diantara kelebihan rumah serpong garden, ada kekurangan yang sangat dirasakan oleh kami adalah air yang tidak bersih, bahkan mungkin sangat tinggi akan kadar besi. Saya menanyakan ke tetangga yang satu cluster yaitu cluster Green River bagaimana kondisi airnya, mereka kompak menjawab airnya jelek. Meski demikian saya tidak tahu bagaimana kondisi air tanah di cluster lain apakah bagus atau sama jeleknya.

Kondisi air tanah ini berbau besi jika lama tak digunakan dan lama-lama berminyak, warna nya pun tentu tidak bening. Apalagi November ini mulai sering hujan, mengakibatkan air semakin kotor. Maklumlah perumahan kami belum tersentuh PDAM sehingga kami harus menggunakan air tanah. Beberapa efek samping dari air tidak bersih tersebut antara lain:

  1. Baju putih menjadi kuning / tidak putih lagi.
  2. Kuku menjadi kuning.
  3. Kulit serasa kering.
  4. Piring, gelas, dan perabotan rumah tangga menjadi kurang bersih.
  5. Ember, gayung, wastafel, kamar mandi, menjadi berkerak.
gayung berkerak

gayung berkerak

kamar mandi

mohon maaf jika tampak menjijikkan, beginilah kondisi kamar mandi akibat air yang berbau besi, berminyak, tak jernih. Untuk membersihkan kamar mandi, sering menggunakan Harpic

Nico Filter Pilihan Kami

Akhirnya pada Sabtu (09-11-2013) kami memasang filter air dari Nico Filter dengan harga Rp2,850,000. Mengapa kami memilih Nico Filter ? Karena tetangga rumah banyak yang sudah menggunakan filter air dari Nico Filter, kami pun memilih Nico Filter. Meski demikian tetangga kami memang beragam dalam menggunakan filter air. Ada yang menggunakan filter air dengan harga Rp1,700,000 namun memasang sendiri. Ada yang menggunakan filter hingga menghabiskan uang Rp5,000,000. Bahkan ada juga yang membuat filter sendiri, namun tentu cukup repot.

Pemasangan Nico Filter

Filter dipasang oleh seorang saja dan memakan waktu sekitar 1 jam. Cukup cepat dan hasilnya langsung berasa. Alhamdulillah air bersih kami dapatkan dan mudah-mudahan airnya tidak kotor lagi.

Menariknya Nico Filter bergaransi 1 tahun untuk air bersih dan 2 – 3 tahun untuk tabung / media. Tukang yang memasang filter nya pun ramah dan tidak sekedar memasang namun memberikan teori perihal pemeliharaan dan lainnya. Kita pun jadi tidak sungkan untuk bertanya banyak mengenai masalah air.

air bersih

air yang bersih setelah menggunakan filter air nico filter

Begitulah pengalaman menggunakan Nico Filter. Lalu bagaimana air diperumahan rekan-rekan ? Apakah bersih ?

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Tolong update om, bagaimana proses penggantian media filter? apakah dapat dilakukan sendiri? apakah ribet?

    Berapa rentan waktu penggantian media?

    Saya masih bingung antara mau pakai filter tabung besar seperti ini atau nanofilter yang kecil, soalnya air sumur bor dibagikan juga ke tetangga yang membutuhkan, jadi sering ganti media filter, kalau yang filter kecil kan gampang cuma butuh 3 menit.

    Tetangga ada yang pakai nico filter, dan karena airnya dibagikan juga ke masyarakat, jadi penggunaan sangat intensif, dalam seminggu media sudah tidak dapat digunakan, pertimbangan saya kalau secepat itu penggantian, kan media-nya mahal diatas 500rb, kalau yang kecil nanofilter gitu cuma 10rb perak per filter.

    Masalahnya saya tidak mau menarik biaya ke yang minta air, sekalian membantu masyarakat aja, tapi kalau per minggu 700rb, saya tidak sanggup. hehehe

  2. Terima kasih mas, akhirnya saya pasang nico filter jg di parung panjang dg teknisi Ade..
    Btw, utk masak pakai air hasil nico fiter aman kan mas?

    • saya sih tidak berani airnya digunakan untuk masak. Selalu pakai aqua galon klo untuk masak. Tapi mungkin di perum tempat mas tinggal airnya tidak terlalu kotor. tergantung kondisi air juga sih. tqu

  3. Siang Gan, itu pesennya yg di http://www.nicofilter.co.id
    Atau ada marketing yg kemarin agan hubungi? Tks

    • saya pesennya langsung hubungi nicofilter mas. telpun kontak yang bisa dihubungi dan nanya2 deh. tqu

  4. Halo mas, terima kasih untuk share pengalamannya. Saya mau pasang nico filter jg, tapi katanya kalau pemasangan setelah pompa dan sebelum tandon air itu garansinya tidak berlaku. Mas nya pasangnya sebelum tandon atau setelah tandon ya? Terima kasih.

  5. mas,,status airnya sekarang bagaimana,,,masih bersih atau sudah kuning lagi,,,medianya isinya apa saja mas, kebetulan saya diserpong garden juga cluster green park,,,parah airnya,,,tau info kapan PDAM masuk mas?

    • halo mas arfan, air sudah oke kok mas sejak pake filter satu tabung. Setelah 2 tahun pemakaian baru satu kali ganti media sekitar tahun lalu ganti media. Kebetulan kita warga green river rencananya akan mengajukan pemasangan PDAM mas, tapi harus di koordinasikan dengan RT. tqu

  6. pengennya replay dari komennya bapak, tapi tidak bisa jadi bikin komen baru.

    mantapp sekali di jawab dalam beberapa jam, trima kasih banyak sharingnya ya pak.
    kebetulan sya juga lagi nyari filter, dan nyari yg udah ngereview produk ini 🙂

    tetep semangat ngeBlog dan sukses untuk bapak dan keluarga.

    • Terima kasih pak Azwar. Wah iya baru sadar ternyata gak bisa reply dari comment terkini ya. Harus ganti theme lagi nih kalau gitu. Kebetulan di komplek saya di serpong garden banyak tetangga juga kok yang pakai nico filter. Sejauh ini bertahun -tahun pemakaian semua orang pada happy 🙂

  7. pak mohon info, untuk produk nicofilter ini apakah masih bagus kualitas airnya sampai dengan hari ini? terasa segar kah untuk mandi? seperti air yg di kelola PDAM? untuk media nya di ganti berapa bulan sekali pak?
    kami tunggu kabarnya 🙂
    terima kasih sebelumnya ya

    • iya masih bagus pak. beberapa hari lalu baru ganti media nya. (dalam 2,8 tahun pemakaian baru ganti media satu kali ini). Air segar bersih ya saya pikir masih lebih bagus PDAM. Kebetulan air tanah di tempat saya terhitung parah. Kalau untuk pemeliharaan atau backwash atau pembersihan filter dan air dilakukan 1 minggu sekali cukup dengan kaporit

  8. mas min, kalau nico filter dirumah saya kok setiap 6 bulan sekali ganti isinya yang seperti pasir itu ya, rempong banget kadang2 petugasnya susah kalau dimintai datang ,kalau ada referensi petugasnya nico filter yang sering ketempat mas min bolehlah direferensikan

  9. ibu,

    sampai saat ini proses filterisasi masih berjalan dengan baik dan normal kah,
    saya rencana mau pasang di cluster studentia

    salam
    yos

  10. Mas, pemasangan Nicofilternya langsung ke pompa air dan hasil penyaringannya dihubungkan ke keran yang mendistribusikan ke seluruh rumah ya ?

    Pompa air ===> Nicofilter ===> Distribusi rumah

    Terima kasih

    • iya betul mas Yudi. nico filternya langsung ke pompa air. selebihnya seperti biasa saja.

  11. wah repot juga ya kang.. kalau kaya gitu 😀 tapi alhamdulillah akhirnya ada solusi.. semoga awet. alhamdulillah kondisi air tanah di daerah saya lumayan bagus walau kontur tanah cukup tinggi dan harus lumayan dalam ngebornya..

  12. ░░░░░███████ ]▄▄▄▄▄▄▄▄ Mamin Hebat.
    ▂▄▅█████████▅▄▃▂ ☻/︻╦╤─
    Il███████████████████]. /▌
    ◥⊙▲⊙▲⊙▲⊙▲⊙▲⊙▲⊙◤.. / \

  13. ░░░░░███████ ]▄▄▄▄▄▄▄▄ Mamin Hebat.
    ▂▄▅█████████▅▄▃▂ ☻/︻╦╤─
    Il███████████████████]. /▌
    ◥⊙▲⊙▲⊙▲⊙▲⊙▲⊙▲⊙◤.. / \

  14. jadi sekarang hobi bersih2 kamar mandi ya kan udah ada yang menolong 🙂

  15. Air dirumah saya juga gitu om mamin, bau besi & gak jernih. Tapi gak sampe kecoklat2an gitu sih…kebetulan sumur bor juga…Kalo kata tukangnya waktu itu dikuras dulu sumurnya. Akhirnya air hanya untuk mandi+cuci2, untuk masak+minum pake air isi ulang.

    Btw itu pake tabung yang ukuran berapa? Kalo pake tangki air berarti si tabung filternya itu diinstal di sebelum air masuk ke tangki apa setelah dari tangki?

    • oh kalau saya ampe kecoklatan om agung. Itu tabung ukuran brp ya. yang 500Liter gitu. wah pertanyaan kedua saya kurang paham om agung. Boleh deskripsikan lagi gimana? maksudnya kalau pake Toren gitu?

  16. Pertamax, hehehe..

    Wow bagus juga ni Filter Airnya,

    awalnya aku juga dulu mau pasang filter air om, karena pas awal2 nempatin rumah di parung itu bau besi airnya dan rasanya agak aneh, tapi untungnya setelah 1 bulanan nempatin udah ga bau lagi n bersih normal, cuma masih was2 aja kalo buat minum n masak memasak, jadi buat keperluan bersih2 aja.

    Kalo pake nico filter airnya bisa buat konsumsi ga om?

    • keduax, hehe. wah syukur kalau setelah 1 bulan airnya bersih mah. aku juga dulu awal nempatin harapannya demikian, kirain airnya mau berangsur bersih. Namun hampir satu tahun tak kunjung bersih tuh air padahal sering dipake. Kata pengelola Nico Filter sih aman dikonsumsi airnya untuk masak dll. Tapi kita sih tetep pake air isi ulang aja untuk kebutuhan konsumsi mah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *