Story Pudding – Persiapan Pernikahan (Seserahan)

Akhirnya tiba saatnya memposting persiapan pernikahan saya mengingat jadwal akad tinggal dua minggu dari sekarang (15 Oktober 2011), insyaAllah, amin. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Tentunya saya setuju bahwa persiapan pernikahan tidak sekedar mental saja, dimana nanti setelah menikah saya yakin akan ada beragam ujian dan kebahagiaan yang lebih daripada yang saya alami sekarang ini.


Persiapan mental tetap nomor satu. Banyak baca buku dan bertanya, banyak blogwalking kepada para senior yang membahas tentang memberi pelajaran pada anak, lika-liku masalah keluarga, dan lainnya jadi bahan pelajaran dan persiapan pernikahan saya.

Tapi tak kalah pentingnya selain persiapan mental adalah segi fisiknya. Fisik disini maksud saya adalah sesuatu yang nampak dan mengaculah kepada yang namanya seserahan ini. Mari kita seriuskan.

Apa itu Seserahan

Bagi pria yang akan meminang sang wanita, biasanya selain memberikan mas kawin ada juga prosesi penyerahan suatu barang yang diberikan kepada mempelai wanita yang di adat Jawa dinamakan seserahan. Berapa banyak jumlah barang-barang yang diberikan tentu tergantung niat dan kesediaan sang pria.

Isi Seserahan

Lalu apa saja yang diberikan pada seserahan tersebut. Nah berikut adalah daftar seserahan yang saya persiapkan nanti untuk diberikan kepada calon mempelai wanita :

1. Bed Cover

bed-cover
bed cover "honeymoon"

Bed cover nampaknya jadi salah satu andalan dari seserahan. Selain untuk menghangatkan badan nampaknya cocok juga ya untuk menghangatkan suasana, hehe. Biasanya selain untuk seserahan, bed cover juga dapat dijadikan hadiah untuk diberikan kepada pengantin baru. Bed cover ini di beli di pasar baru (Bandung) dengan harga Rp350.000,00

 

2. Mukena

mukena
mukena

Mukena untuk sholat ini dibeli di Pasar Baru Bandung dengan harga sekitar Rp150.000,00

3. Perlengkapan dan pakaian khusus perempuan

4. Perlengkapan untuk perawatan tubuh

kebersihan wanita
perlengkapan untuk kebersihan wanita

Terdapat body massage, scrub untuk mandi, shampoo untuk rambut, ada pembersih khusus wanita, perlengkapan untuk membersihkan wajah, kulit, dan lainnya. Perlengkapan perawatan tubuh ini dibeli di Haji Mahmud (Bandung). Kisaran harga nya saya lupa :D

5. Baju santai dan pakaian tidur

Lebih tepatnya baju untuk bermain keluar atau jalan-jalan, tapi juga cocok untuk di pakai dalam kegiatan yang formal seperti acara pernikahan. Selain itu diberikan juga pakaian tidur atau kimono khusus wanita tentunya :)

6. Tas

tas-seserahan
tas kena diskon hingga 80%, wow :)

Nah saya cukup beruntung dalam pembelian tas ini, karena dibeli pada saat diskon gede-gedean di Metro, Mall Taman Anggrek Jakarta Barat. Di beli pada Juni 2011 lalu. Mengingat harga tas perempuan bagi saya tergolong mahal, namun dengan adanya diskon hingga 80 % untuk tas ini, saya pun sangat bersyukur karena pengeluarannya terjaga dan bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya.

7. Sepatu

sepatu-seserahan
sepatu model zaman sekarang ?

Sepatu ini dibeli juga pada Juni 2011. Saat itu memang model yang sedang in yang seperti ini. Tapi entahlah sekarang apakah model sepatu diatas sudah ketinggalan zaman atau tidak. Bagi saya sih asal yang menggunakannya nyaman, beres perkara. Namun tetap sih wanita lebih tahu soal beginian, hehe.

Saran saya dalam membeli seserahan ini adalah jangan membeli sekaligus di hari atau bulan yang sama. Selain akan menghabiskan keuangan, siapa tahu jika kita bersabar, ada mall-mall tertentu yang memberikan diskon untuk barang-barang yang tergolong mahal seperti tas dan sepatu. Meski mungkin diskon nya tidak seberapa, tapi tetap lumayan jika bisa menghemat. Seperti tas dan sepatu diatas, kami beli di satu bulan pertama, sisanya kami berbelanja di bulan berikutnya.

Ya tentu tidak harus mahal dan bermerek, yang penting sang wanita suka. Lalu kalau ternyata yang dia suka harganya mahal gimana? ya sabar aja ya atau berilah pengertian, hehe.

Akhirnya saya mohon doanya dari rekan-rekan semoga kami diberikan kelancaran, amin…terima kasih.

puddingKisah ini diikutsertakan pada “A Story Pudding For Wedding” yang diselenggarakan oleh Puteri Amirillis dan Nia Angga

48 thoughts on “Story Pudding – Persiapan Pernikahan (Seserahan)”

      1. Oh hahahaha maap, Kang Mamin… :mrgreen: Hehe…
        Singkatan dari Muhammad Yamin kan? :D

        Saya kebiasaan manggil “Kang Maminx” di blog saya sih, jadi keterusan nulisnya “Maminx” ato “Maming” gitu… :oops:

        1. hihi gpp kali sop maming juga boleh2 aja. bukan muhammad sop, tapi mochamad..hehehe ribet ya namanya :P

          gak tau singkatan atau gimana, dari kecil dipanggil mamin aja. mungkin kalau manggil yamin khawatir aku jadi makanan nanti :))
          mau manggil maminx atau maming atau mamin atau ganteng juga gpp ko sop, dengan senang hati..ngakak lagi ah :))

          1. Oke deh, Kang Ganteng… :lol:
            Kalo pake kata Ganteng ini sih mending dipanggil ama calon istri ya… :oops:

            Oh ya Kang, nama Kang Maminx sama lho ama ayah saya. Muchammad Yamin. :lol:
            Bisa banyak model penulisan ya. :D

  1. kok enggak ditulis juga rincian harga total seserahannya brade maminx? biar saya bisa tahu juga lo nanti mau nikah hehe

    wah tipsnya saya coba deh itu, membeli perlengkapan nikah tidak dalam satu paket.. berarti saya nanti nyicil dulu deh beli songkok dan sarungnya hehehe

    semoga lancar mas dengan acara pernikahnnya.. aamiin

  2. alhamdullillah persiapannya udah oke banget nih kayanya. selain barang seperti itu umumnya ada loh temen mbak put seserahannya berupa bahan kebutuhan rumah tangga selama 1 bulan jadilah isinya indomi 1 kardus, kerupuk, cemilan2 khas daerah, peralatan mandi, bumbu2 dapur, dll, huahaha. lucu tapi unik. btw sukses ya minx semoga pernikahannya lancar. itu tas abu2nya disc 80 % jadi berapaan (mupenk).
    makasih ya minx udah ikutan story pudding yg kedua kalinya.

    1. wah ada ya seserahan untuk bahan kebutuhan rumah tangga, bagus juga atuh unik iya itu. jadi abis nikah tuh langsung masak…asik ya :D
      iya itu tas nya harga sebelum diskon = 680.000, setelah diskon 200.000 an lah ya ;)

      amin makasih doanya kak

  3. :lol:
    jadi inget waktu ngasih seserahan, nyebrang pulau pula ke sumatra…
    seru memang gan campur deg degan,
    semoga lancar ya gan sampai hari pernikahaan nya, jaga kondisi badan,
    jgn lupa jika mendekati hari “H”, usahakan jgn pergi kemana2 (kata orang tua)

    1. Amin..doanya makasih ya. wow nyebrang pulau gitu penuh perjuangan ya. aku cuman nyebrang kota aja. dari Bandung ke Tasik. cuman 3 jam an aja. ini ampe nyebrang pulau. Semoga tetap terbina keluarga nya mas Aming ke arah yang terus lebih baik, sakinah mawaddah warahmah, amin…

  4. Hai MAminx..
    Orang Bandung juga kaan..
    buktinya beli perlengkapan perawatan tubuh di haji Mahmud..hhe
    Emang murah2 disana..
    Biasanya aku kesana beli buat kebutuhan di rumah lulur n salon ..

    Waah selamet yaa..
    Pasti lagi deg-deg kan..

    Dulu juga aku gitu,sama kaya dey,orin..
    beli sendiri,uangnya dari pihak cowo ..

    Semoga lancar ya Minx..

    1. sumuhun teh. kan tos katingal di raut muka orang sunda mah nya kumaha kitu, hehehe..iya Haji Mahmud mah terkenal pisan soal perlengkapan cewek ya.
      berarti saya rajin atuh ya nemeni cewek beli buat seserahan :D kasian teh kalau suruh beli sendiri ke pasar baru gitu. soalnya dia kan orang tasik, bukan orang bandung. jadi yah di temani saja ;)
      amin…hatur nuhun doanya

  5. dalam pernikahan emang ada seserahan..
    tapi,apa harus menggunakan bahan seperti diatas?..:)
    di daerahku,gak kayak gitu..malah ada yang pakeg uang?
    oh ya,semoga pernikahan mamin ini berlanjar dengan lancar dan diberi kemudahan…
    amin..:)

    1. oh gak harus sperti di atas ko. itu kan ya persiapan untuk saya aja nanti akan seperti itu. kalau ada yang tidak sperti di atas ya tak apa apa sih. nah uang juga ada yang ngasih ada yang gak. kembali ke masing masing aja gimana enaknya ya ;) amin..makasih doanya

  6. bunda juga dulu pakai seserahan kayak gituh ,Mamin
    kayaknya memang krn adat dan kebiasaan aja ya seserahan ini ………….
    tapi, beli sendiri , jadi yg mana yg suka dan enak dipakai ( pakai uang sendiri juga ….hahahha) :)
    karena kita nikah itu semuanya biaya sendiri, jadi dibagi2 deh, yg mana uangnya dia, yg mana pakai uang bunda , jadi sama2 aja lah, yg penting lancar semuanya :)
    krn kebetulan kita berdua memang kerja .

    Semoga lancar semua nanti ya Mamin
    jaga kesehatan, banyak berdoa ya .
    bunda cuma bisa ikutan urun doa aja buat Mamin .
    Semoga Allah swt memudahkan semuanya , aamiin
    salam

  7. Sama kek bu Dey Minx, dulu aku jg belanja sendiri weh, tapi tetep dikasih ke (calon) suami, dan baru dibawa pas hari H, aku mah ga dikasih bed cover sm tas, meni karunya nya hahahaha…

    Didoakan Minx, jangan putus berdoa yaa ;)

  8. Wah, selamat ya. Saya paling seneng kalau ada yg mau menikah karena dengan menikah kita sudah menjalankan separuh agama dan mengikuti sunnah. Apalagi katanya menikah itu ibadah yg paling enak lho :)

    Soal seserahan, dari pengalaman saya sendiri ya rupa2nya seperti mas di atas. Merk ga jadi soal yg penting calon istri ridha dan tentunya pas dipakai. Mas waktu beli barang2 seserahan calonnya diajak nggak? Jangan sampai nnti ada yg ga pas lho. Mubazir kan sudah dibeli tapi nanti malah dihibahkan ke saudari2nya karna ga pas dipakai hehe.

    Akhir kata, pesan saya, waktu ijab kabul, genggam tangan penghulu kuat2 saat bersalaman dan ucapkan kata2 itu dgn mantap. Karena saat paling krusial itu – katanya – adalah saat2 yg paling dibenci setan dan ia berusaha menggoda fikiran kita tuk bimbang. Kuatkan dan mantapkan saja! Oks.

    Semoga berkah dan rejeki menanti mas :)

    1. Alhamdulillah amin doa nya mas, makasih. Oh ya tentu mas beli nya bareng saya. dia sih cuma nanya aja “ini bagus gak?” ya tentu saya jawab bagus.. dan dibeli lah, hehe..Oh iya mas di postingan dibawah ini kan ada tentang nikah sepupu saya. sepupu saya itu pas ijab qabul mantap gitu ngomong dan salamin penghulu nya. aku mikir ko segitu nya ya. oh ternyata baru tau dari mas Darin ini

      makasih lagi ya :)

  9. waktu sy nikah dulu, seserahan sy yg beli sendiri (tapi dananya dari pihak laki2). Trus sy bungkus sendiri, lsg sy simpen di kamar pengantik. Jadi ngga dibawa pihak laki2, hehehe … kalo gitu mah namanya bukan seserahan ya …

    Semoga diberi kemudahan menjelang hari pernikahan ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

die("comments disable");