Posisi bayi sungsang ? santai saja jangan panik dulu

posisi bayi sungsangKehamilan istri saya menginjak usia 6,5 bulan dan pada checkup terakhir ditemukan posisi janin dalam keadaan sungsang, haruskah kami panik? Eits tunggu dulu santai saja. Pada dasarnya posisi janin akan terus berubah-ubah sampai sekitar usia 34 minggu. Menurut dokter kandungan, pada usia 34 minggu keatas biasanya posisi janin akan stabil dan konsisten.

Lalu apa itu sungsang ? posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas (lihat gambar) sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal. *

Mengapa bisa sungsang? Dokter kandungan mengatakan bahwa karena janin sudah hidup, secara fisiologis sang janin akan mencari posisi yang paling nyaman untuk dia. Apabila janin nyaman dalam posisi kepala diatas / sungsang, ya begitulah posisi yang dia inginkan.

Solusinya? memerbaiki letak posisi sungsang ke posisi normal tidak dapat dipaksakan karena khawatir leher sang bayi bisa terlilit plasenta atau tercekik. Jadi solusi yang paling aman adalah mengikuti olahraga senam yang diadakan oleh rumah sakit tempat Anda melakukan checkup. Cukup mengikuti 2-3 kali senam yang dipandu instruktur dirumah sakit tersebut, selanjutnya jika Anda sudah paham gerakan dan irama senamnya, bisa dilakukan sendiri dirumah.

Lalu bagaimana kisah kehamilan Anda? boleh atuh di-sharing 😉

referensi * : bidankita

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. Bu dokter, saya mau bertanya? Begini, istri sy saat ini sedang hamil pertama kalinya, dan dari hasil USG dokter ketika usia 7 (saat ini 8 bln). Hasilnya dinyatakan bayi kami kembar dan posisi satu menghadap ke bwah, yang satunya sungsang. Pertanyaan kami, apakah mungkin untuk lahir secara normal atau tidak? Kami tunggu blsan bu dokter. Terima kasih

    • Makasih. Sebelumnya, maaf sya bukan ibu, bukan juga dokter. saya suami yang mendokumentasikan kehamilan istri saya beberapa bulan lalu :). Jadi tentu saya bukan pakar, tapi dapet dan sering nanya ke dokter, baca buku, dan lainnya terkait kehamilan istri saya. Perihal kembar, mohon maaf saya gak tahu yang pasti mudah2an bisa persalinan normal ya, amin..

  2. made santi nurwinda
    December 10, 2012 - 10:38 pm

    Umur kehamilan saya berjalan 8 bulan atau saat ini 32 minggu tetapi menurut bidan posisix belum baik (sungsang) dan saya hampir 1 minggu sdh melakukan senam hamil (sujud) tetapi belum ada perubahan, dan rencana mau kontrol/USG tetapi karena jauh dari rumah dan sulit menghubungi jadi agak tertunda.Sebaiknya apa yang harus saya lakukan sekarang soalnya ini kehamilan ketiga dan saya sudah berumur 35 tahun kelahiran anak pertama dan kedua normal. Trimakasih

    • sebetulnya bu santi pasti lebih paham, karena istri saya baru hamil pertama. memang klo kita udah berusaha semua, baiknya konsultasi ke dokter kandungan. semoga lancar2 saja ya bu, amin..

  3. Usia kandungan sya 8bulan,,,sya msh aktf krja dan brngkat pke mtor….
    byi sya aktf skali grakannya,,,,jd pas d priksa kdang kepalanya udh d bwah kdang tdk,,soalnya aktf skali….apakah tdk akan trjdi ssuatu dg posi2nya mnjelang lahiran?apakah keaktifan grakan janin itu brtnda byi qt sehat atw tdk?trus sya kan msh pke mtor…!kdang ada prsaan kekhawatiran,,!mhon pnjelasannya,,trimaksh…

    • sebenernya kalau udah usia 8 bulan, aktifnya bayi paling menendang aja, kalau posisi kepala relatif gak berubah/akan menetap. baiknya kerjanya cuti saja, full istirahat dirumah dan rutin lakukan senam hamil. apalagi pake motor kerjanya, riskan donk mbak. memang kuat gak nya ibu hamil kan tergantung fisik masing-masing & janin, gak semua sama kuat. temen aku juga ada sih yang h-1 minggu lahiran, masih kerja tuh pake motor pula, di jakarta pula. tapi Alhamdulillah persalinan lancar saja. Namun tetep kembali bahwa tidak semua fisik ibu dan kondisi janin sama. Tentu mbak harus konsultasi ke dokter kandungan pribadi. terima kasih.

  4. aq mau tanya,kehamilannqu skr gnap 37 minggu tp kata bidan kepala anakqu ada di atas padahal sebelumnya sudah bagus d bawah,aapakah bisa kembali k bawah?

    • menurut dokter kandungan istriku, mulai usia 36bulan itu bayi posisinya udah relatif tetap, gak akan berubah lagi. tapi coba aja ikutin senam hamil atau gerakan sujud. mudah2an kepala bayi bisa ke posisi bawah lagi ya, amin..

  5. ini kehamilan anak pertama saya … kandungan saya saat ini 25minggu,bbrapa hari yang lalu saya check up ke dokter,dan dokter bilang bayi saya sungsang,saya begitu cemas, tetapi suami saya santai saja dan bilang nanti juga posisi bayi akan benar dan menyarankan agar saya tidak cemas.saya slalu mengikuti saran doktr untuk sering-sering bersujud (menungging) tetapi apakah ada cara lain agar mengubah posisi bayi dan gerakan bayi saya sangat aktif . apakah tidak akan terjadi apa-apa???jika bayi saya terasa sangat aktif ??

    • betul mbak, usia masih 25 minggu masih gerak2 aktif gpp kok, normal itu. usia 36minggu janin relatif akan tetap posisinya. jadi santai saja mbak. ikutan senam hamil juga kira2 pas usia hamil 8bulan.tq

      • justru saya sekarang panik lho, mohon di bantu share nya.
        soalnya sampe sekaranhg udah mau mendekati persalinan bayi saya masih sungsang. sy sudah coba jalan pagi, sujud dan nungging tetapi tetap saja bayinya kepalanya di atas, apakah berbahaya untuk janin klo melahirkan normal dengan posisi kaki duluan? soalnya saya takut klo operasi..

        terima kasih

        • ya tetap usaha aja bu, senam hamil, sujud, dll. insyaallah lancar2 saja ya, amin..mudah2an deh jangan ampe operasi bu.

  6. Kehamilan saya sudah masuk usia 34 minggu tp posisi bayi ku ini kata Dokter masih diatas, saya dan suami sangat khawatir mengenai hal ini.Karena kami ingin persalinan sy yg ke2 nanti mau secara normal(krn anak per1 kami lhr secara normal), saya sampai saat ini berusaha untuk mengubah posisi kepala si bayi berada di bawah(posisi normal)pd usia trsbt.Dgn cara melakukan posisi sujud slm 10 mnt pagi dan sore,dan jalan2 kecil saat pagi hari.Doakan Aq ya supaya usha q ini brhasil . Amin

    • amin..mudah2an lancar ya insyaALlah. ya tetep lakuin sujud bbrapa menit, terus senam hamil juga. lancar2 ya :)

      • semoga lancar ya bu.. kita sama-sama berusaha ya..
        saya juga betiu neh bu, udh mau hari H nya mash belum bener posisi nya bahkan bayi saya kecil sekali bobotnya. tidak sampe 2 kg lho…

        • makasih bu. Ini saya bapak ko, bukan ibu :). dan Alhamdulillah istri saya melahirkan normal saja (dengan induksi).

  7. Yth. para dokterDengan Hormat,Saya bemterpat tinggal di Surabaya, saya sudah sering mendengar tentang proses melahirkan dalam air. Tapi yang saya ketahui, proses melahirkan dlam air itu hanya ada di Jakarta. Selama ini saya tidak pernah mendengar ttg hal serupa di Surabaya. Apakah para dokter bisa memberitahukan tempat2/RS yang bisa menangani proses melahirkan dalam air tersebut? Ataukah memang ada hal-hal yang sangat2 berbahaya (yang sifatnya membahayakan jiwa ibu dan anak) jika melahirkan dengan proses tersebut? Yang saya baca dari artikel di atas, saya mengasumsikan bahwa proses melahirkan dengan cara seperti itu berbahaya jika kondisi kehamilan tidak normal (sungsang, dll). Jadi kesimpulan saya melahirkan dalam air tidak berbahaya bila kondisi janin dan ibu sehat-sehat saja.Sekian surat saya, saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan informasinya.Hormat saya, Velicia

  8. Dhenok Habibie
    May 6, 2012 - 5:04 pm

    sama kayak ibu dhe dulu mas.. dan dokter menyarankan, supaya ibu dhe banyak2 sujud.. jadi deh, makin rajin sujud dengan memperbanyak shalat sunnah.. alhamdulillah, pas mendekati hari H si adeknya dhe udah normal posisinya dan ibu pun melahirkan dengan normal.. semoga istri dan calon dedek bayinya selalu sehat yaa mas, dan sungsangnya gk berlangsung lama.. 😀

  9. Minx..nyante ajah..Rilex..
    janganampe panik di depan istri..
    sebisa mungkin buat dia tenang ..

    Belom tentu Minx, masih bisa bergerak-gerak teruus..
    Semoga sehat ya ibu dan bayinya..
    dan di lancarkan semuanya..

  10. betul, masih ada waktu ya mink. semoga pada waktunya bisa berjalan dengan normal

  11. semoga sehat selalu sampai masa persalinan tiba yah :)

  12. dulu ketika melahirkan Rafi pun dia sungsang lho
    dari usia kandungan 6 bln posisinya sungsang terus
    dlm kandungan Rafi memang terbilang aktif dan pd saat itu aq yg msh bekerja setiap hari pake motor terus

    seminggu sblm melahirkan prematur oleh dokter posisinya udah dibenerin dan ketika USG posisinya kepala udh dibawah
    eeeh….pas mau melahirkan muter lagi
    dan jadilah rafi pantat dulu yg keluarnya

    • wahh ilmu baru mbak. berarti sampai jelang kelahiran si bayi bisa berubah ubah posisi ya? berarti teori saya di tulisan ini yg bilang 34 minggu ke atas posisi bayi akan stabil / tetap tersanggah kan ya mbak?makasih banyak nih bagi2 pengalamannya ya..;)

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *