Sepakbola liga inggris yang paling enak ditonton

img: panduan303.com

img: panduan303.com

Siapa yang tak suka sepakbola. Mayoritas pastilah suka dengan olahraga sepakbola, baik itu bola lapang besar, atau yang lebih efektif, mudah, dan lebih seru yaitu futsal. Sepakbola olahraga memang mudah dimainkan dimana saja dan kapan saja. Ayah dan anak bisa main sepakbola di rumahnya sendiri meski sekedar tendang-tendang bola seadanya. Anak-anak bisa main bola di halaman rumah atau bahkan di gang sempit sekalipun, lapang kosong pasti sering dijadikan tempat bermain bola. Ya sepakbola dimana-mana !.

Sepakbola tentu identik dengan yang namanya liga sepakbola. Kita turut bersedih dimana PSSI dibekukan dan liga professional indonesia ditiadakan, otomatis kita tidak bisa menikmati tontonan bola lokal. Para pemain bola banting setir untuk menghidupi keluarganya, pihak pemerintah masih belum ada solusi, kita masyarakat hanya prihatin. Tapi lain nasib liga lokal, lain pula nasib dengan sepakbola liga dunia. 

Liga inggris

Sebagai penikmat dan aktif bermain bola sejak dibangku SD, saya termasuk yang konsisten dalam menonton liga dunia yaitu liga inggris / premier league / liga primer. Meski liga inggris tidak menempati urutan pertama dalam survey liga terbaik dunia. Pada tahun 2013 survey world soccer menyatakan liga terbaik dunia adalah bundesliga dan diikuti liga inggris posisi kedua (*). Tahun 2014 berdasarkan versi FIFA, liga terbaik dunia adalah liga spanyol diikuti liga inggris (**).

Namun bagi saya dan mungkin bagi penikmat liga inggris lainnya, liga inggris lah yang terbaik dari segi paling enak ditonton. Dengan tempo permainan cepat dan terkenal dengan kick and rush, tim gurem atau tim papan bawah pun ada kalanya menang atau ganas ketika bermain dengan tim papan atas. Penghuni papan atas pun biasanya bergantian tidak melulu tim itu-itu saja. Selain itu pointnya pun beda tipis saja dengan peringkat dibawahnya. Dibandingkan dengan liga spanyol, bundesliga, atau liga italy yang ketika tim papan atas bermain melawan tim papan bawah, sudah bisa ditebak siapa pemenangnya.

Menurut wikipedia, Liga inggris atau Liga Primer adalah liga sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia, disiarkan di 212 wilayah kepada 643 juta pemirsa. Pada musim 2010-11 rata-rata jumlah kehadiran penonton dalam setiap pertandingan Liga Premier adalah 35.363, yang merupakan jumlah tertinggi kedua dari bundesliga (liga Jerman), dengan tingkat hunian stadion adalah 92,2%. Meski kenyataannya tim-tim liga inggris seringkali kesulitan di ajang Eropa, seperti kesulitan dalam menembus final atau bahkan babak semifinal liga Champions, saya tetap menyukai liga inggris.

Untuk rekan-rekan yang ingin mengikuti kabar terbaru liga inggris, bisa baca berita seputar olahraga di ligaolahraga.com. Tak sabar menunggu liga dunia baru yang akan dimulai pada Agustus 2015. Bagaimana dengan rekan sekalian, suka liga yang manakah ?

 

Referensi :

* : http://soccer.sindonews.com/read/740651/59/bundesliga-liga-terbaik-dunia-1366612911

** : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=688660557889014&id=383484561739950


Comments

  1. Pendar Bintang
    June 25, 2015 - 2:02 pm

    Dulu saya sennag lihat Liga Itali sekarang udah malas nontin bola entah kenapa hehehe

  2. update soal liga sepak bola ya disana

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *