Serunya Downhill Puncak Pas di TW 5

img:dainese.com

img:dainese.com

Downhill Puncak Pas adalah kegiatan pada Sabtu (20 September 2014) dalam rangka menyambut kedatangan bos dari Amerika. Meski ini posting telat, tapi mudah-mudahan masih bermanfaat :).

Kami yang berkantor di Jakarta mengajak mereka main ke Taman Safari dengan terlebih dahulu ber-olahraga sepeda, tepatnya olahraga cukup ekstrim, yaitu downhill Puncak Pas. Dengan menggunakan mobil elf dari bilangan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Kami total 12 orang meluncur ke Puncak dari pukul 05.00 dan sampai di Puncak Pas atau warung mang Ade pada pukul 08.30, yaitu tempat basecamp nya penyewaan wisata bersepeda downhill milik Pak Dito.

Sudah lama tidak jalan-jalan ke Puncak, jadi takjub dengan udara disana yang segar dan airnya pun sangat dingin. Mungkin inilah sebabnya kalau setiap weekend, daerah puncak selalu penuh wisatawan terutama pelancong dari Jakarta. Salah satunya karena mereka ingin menikmati udara segar dan memang kawasan puncak mudah dijangkau oleh orang Jakarta dan sekitarnya sehingga menjadi tempat favorit untuk dikunjungi.

puncak pas

Para peserta downhill puncak pas. Abadikan moment dulu sebelum turun gunung

Jadi perjalanan downhill kami dipandu oleh guide atau istilahnya marshall sebanyak dua orang, satu di depan dan satu lagi menjaga dibelakang. Setelah ganti kostum, tak lama langsung meluncurlah kami dari Puncak Pas turun dan naik ke pedalaman perkebunan teh.

Jalur Downhill puncak pas

Meskipun puncak pas posisinya diatas, bukan berarti saat downhill kita disuguhi oleh jalur atau track yang menurun, boro-boro tuh. Awal track saja sudah menanjak, dan boleh dikatakan jalur / track yang kita lalui memang banyak menanjak, ditambah jalan bebatuan semakin menyulitkan bagi saya orang awam yang baru pertama kalinya ikutan downhill, padahal kita mengikuti jalur TW 5, yang kurang lebih artinya itu jalur untuk fun saja.

kebun teh

Pemandangan indah dan hijau di pos pemberhentian pertama. Jalurnya sudah menanjak.

Pada pos pemberhentian pertama saja, sudah ada 3 orang yang tumbang dan tidak bisa melanjutkan perjalanan downhill. Padahal itu baru sekitar 200 Meter perjalanan dari Puncak Pas tapi sudah ada yang tumbang tidak kuat :D. Memang jalannya berbatu, berkelok, dan menanjak. Tentu selain mental, fisik pun mutlak diperlukan mengarungi downhill ini.

jalur yang berbatu semakin seru

jalur yang berbatu semakin seru

Jalur downhill yang kami lewati kurang lebih melewati gunung, memasuki kebun teh dengan jalan yang sempit (jalan setapak) dan berbatu, ditemani udara yang sejuk, segar, dan terkadang bertemu juga dengan para biker lainnya yang sangat bersemangat berolahraga downhill. Kondisi itu benar benar membuat pikiran dan hati plong rasanya, meski dirasakan cape dan pegal.

downhill

penantang tersisa tinggal 6 orang 😀

Ketika keluar dari daerah perkebunan, kami melewati rumah warga dan salah satu sekolah dasar, disitu hanya menemukan turunan sebentar saja, kemudian menanjak lagi tapi dengan jalan yang sudah aspal, tidak berbatu.

Berawal di Puncak Pas berakhir di Taman Safari

Tempat peristirahatan berikutnya setelah melewati perkebunan teh adalah menuju Gunung Mas dimana daerah ini banyak sekali villa, udara segar, dan jalurnya masih tetap menanjak :D. Rasanya ini daerah yang sering dijadikan lokasi syuting film FTV ya.

TeaGallery di Gunung Mas. jalurnya menanjak juga tuh

TeaGallery di Gunung Mas. jalurnya menanjak juga tuh

gunung mas

Beristirahat di Gunung Mas. Lihat ada rumah itu adalah villa yang disewakan.

Akibat kondisi fisik yang semakin kecapean, kami lebih sering berjalan sambil menuntun sepeda dibandingkan menaikinya, yang penting masih bertahan dan bisa sampai akhir. Sesekali tentu ngebut juga tapi hanya saat menemukan jalur menurun. Saat jalur mendatar, maka kami cukup ngeboseh santai saja.

Akhirnya mendekati jalur finish di sebuah restoran di daerah Taman Safari, kami mendapati jalur turunan yang panjang dan dimanfaatkan untuk mengistirahatkan kaki yang sudah sangat pegal. Kami finish tidak sampai lokasi Taman Safari, karena jika harus sampai Taman Safari, itu jalurnya menanjak lagi, niscaya kami yang orang awam downhill nampaknya tidak akan kuat mencapainya. Jadi pemberhentian kami adalah di sebuah restoran di Taman Safari. Kemudian dijemput oleh mobil untuk masuk menuju loket pembayaran Taman Safari.

downhill

Alhamdulillah bisa mencapai finish 😀

Biaya Downhill Puncak Pas

Biaya yang harus dikeluarkan perorang untuk downhill puncak pas adalah sebesar Rp300,000. Itu sudah termasuk perlengkapan downhill lengkap, dari pelindung kaki, siku/tangan, sarung tangan, helm, dan tentunya sepeda downhill yang harganya tergolong mahal, puluhan juta :D. Adapun biaya satu orang marshall atau guide downhill adalah seingat saya Rp200,000.

Bagaimana cerita rekan-rekan yang pernah ikutan downhill ? atau mungkin ada yang tertarik olahraga seru ini ?

 

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. naik sepeda di puncak haduh ngeos2an atuh ya 🙂

  2. up hill atuh min 😀

    minimal berapa orang min kalo mau rombongan gitu??

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *