Tips Gak kesiangan sholat shubuh (nyindir diri sendiri :P)

Dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan,’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

Bagi saya, saya lebih nyaman dan lancar jika menulis di malam hari pukul segini, sekitar 10.30 malam jelang dini hari, apalagi malam nya jumat kliwon, ihihiii ( 😈 ). Aneh tapi nyata, entahlah, padahal raga nih sebenarnya sangat letih ingin beristirahat aja gubrak tidur gitu, tapi keinginan kuat untuk menuangkan apa yang ada dalam pikiran saya sejak pagi tadi tak bisa ku bendung (ehm). Karena untuk kesekian kalinya pagi tadi, saya bangun gak telat dan berhasil menunaikan ibadah sholat shubuh di waktu yang memang gak tepat-tepat amat, tapi juga gak telat-telat banget, sekitar jam 5.15 mah aman lah y :D.

Biasanya, aduh jadi malu nih, saya suka bangun telat. Antara waktu sholat dhuha dan sholat subuh tuh jadinya beda-beda tipis, astagfirulloh semoga gak kejadian lagi. Kalau mencari-cari alasan kenapa bangun telat, ya ada-ada aja sih, tidur selalu jam 11-12 malem, karena ada tugas kuliah lah, kerjaan tambahan kantor lah, d el el. Melanjutkan kerja di kosan setelah kerja seharian menjadi trigger saya tidur larut dan berakibat telat bangun, imbasnya sholat subuh pun seringkali terbengkalai. Astagfirulloh..

Namun sudah sekitar 1 minggu ini, yang awalnya dimulai karena ketidaksengajaan, saya berhasil bangun subuh dan melaksanakan kewajiban di waktu yang normal. Ya sebenernya kalau tidurnya jam 9 or 10 malem mah rasa-rasanya ga mungkin ampe telat bangun, kebluk abis kalau ampe telat bangun juga mah, he2x. Lagian seperti yang disarankan tidur yang baik tuh 7 jam loh, jangan kurang or lebih. Jadi begimana tuh supaya gak telat bangun lagi, caranya ialah memasang alarm (alarm nya HandPhone) di waktu yang diinginkan, and simpen tuh HP jauh-jauh dari tempat tidur kita, intinya jangan disimpen di sebelah or di tempat yang mudah dijangkau ama tangan kita.

kira kira beginilah (meski g jelas ilustrasinya)

kenapa gitu? Karena Kalo hp disimpen di tempat yang mudah dijangkau tangan, terus alarm di HP bunyi, guess what?? kebanyakan orang pasti bakal matiin tuh alarm, gubrak tidur lagi deh. Beresss.. karena usaha kita untuk matiin tuh alarm terlalu gampang, segampang kita untuk kembali tidur sesudahnya.

Nah kalau hp alarm di simpen jauh2, seenggak-enggaknya kita bakal bangun dulu, dan jalan menuju tempat hp disimpen, and matiin tuh alarm. Jadi, kalau udah bangkit dari kasur, kemungkinan untuk balik lagi ambruk menuju kasur bisa diminimalisir. Lalu ga usah pake lama keburu tersadar pengen tidur lagi, segerakan untuk ambil wudhu dan solat, mantep dah tu.

Yang pasti cara-cara ini utamanya berlaku bagi orang yang males kae saya ini, he. Kalau mereka-mereka udah pada rajin dan disiplin bangun subuh dan solat subuh tepat waktu sih no what-what lah y..mudah-mudahan aja saya bisa serajin and sedisiplin seperti itu, amin..

Share this post Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someonePrint this page

Comments

  1. kalo disimpen jauh trus tetep males matiin n alarm dijadiin nina bobo chapter 2 gmn min? 😀

    • hehe cerdas to..yup itu salah satu kejadian juga tuh. Tapi tetep biasanya terpaksa mattin alarmnya coz ganggu tidur kalau alarm nya nyala terus. Ada satu yang penting lagi ternyata yaitu kembali kepada niat. Kalau niatnya kuat untuk bangun dan menjalankan ibadah di shubuh hari mah bisa ternyata, hehe.
      Tks to dah mampir, akhirnya promosi ane di lirik juga, hihihi.

  2. hihi iya lagi g solat kali jadi enak sleep lagi 😛

  3. huaaa…gw banget tuh min…alarm bunyi…gw matiin..trus bobo lg…hihii..

  4. ilustrasi na sae,,,

    mun abi mah..hape jauh .
    nangtung mareman hape..goler deui…ehhehe

  5. Subhanallah tips yang sangat luar biasa kasep. InsyaAllah akan abi coba…Subhanallah

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *