Website maminxblog kena phising

Setelah sekian lama tak update blog, tiba-tiba saja datang kiriman pesan bahwa domain dan hosting saya akan segera berakhir dan harus memerpanjang pembayaran/kontrak, tak terasa berarti usia blog ini sudah berumur 1 tahun. Namun yang tak dinyana dan diduga, sehari setelah ada pemberitahuan itu, tiba-tiba saja ada pesan dari pihak pengelola web hosting bahwa maminxblog.com kena phising dan web nya harus di suspend, mengakibatkan web tidak dapat diakses. Berikut cuplikan pesan yang dikirim admin pengelola web mengenai phising

Kepada Yth. Mochamad Yamin Amzah

Kami informasikan bahwa saat ini account hosting maminxblog.com telah kami nonaktifkan/suspend dikarenakan adanya indikasi fraudulent website.
Kami menerima informasi dari data center bahwa pada salah satu file/folder di website maminxblog.com terdapat konten terkait phising site. Salah satu file tersebut terdapat pada :

Phishing ini dapat dilancarkan juga melalui email palsu dengan variasi bahasa yang berbeda-beda. Anda harus hati-hati terutama jika membalas e-mail yang yang minta informasi tentang rekening Anda, seperti user ID, PIN, serta nomor rekening dan nomor kartu. Agar tampak meyakinkan, pelaku juga sering memanfaatkan logo atau merek dagang milik lembaga resmi, seperti bank atau penerbit kartu kredit.

Phising ini merupakan pelanggaran berat di dunia internet dan apabila terindikasi
melakukan hal tersebut maka website tersebut akan diblokir dan di tutup secara
sepihak oleh pengelola hosting karena apabila tidak diblokir maka IP atau hosting
dari perusahaan tersebut akan diblack list.

Kami informasikan juga bahwa Phissing bisa dilakukan sendiri atau pihak ketiga yg tidak dikehendaki. Unsuspend bisa kami lakukan [minimal 3 hari setelah website disuspend] bila file phising telah dihilangkan.

Seingat saya dan perasaan, gak pernah saya mengirimkan email balasan ke siapapun yang meminta pin lah, ID, email, dan lainnya. Namun ya namanya manusia tempatnya salah dan khilaf :D. Jadi berhati-hati saja.:)


Comments

  1. workshop bisnis online
    September 30, 2011 - 9:37 am

    mengapa bisa kena pishing?
    alasannya?

    • katanya sih bisa karena saya membalas email yang minta identitas diri/pribadi seperti alamat, nomor telepon, account bank, dan lain lain. Padahal sumpahnya gak pernah. dan kena phising ini berulang kali terus kena. jadi kesimpulannya dulu server hostingannya itu mah masalah. sekarang saya sudah ganti server hostingan. moga gak kejadian lagi 😀

  2. emang penipu di mana2 gak di dunia nyata maupun maya……

  3. Makasih udah mengingatkan bro…. Memang harus hati-hati menjaga keamanan blog kita

  4. Wah wah, bagaimana mungkin pengelola blog ini melakukan tindak pidana phising?? 🙁 Terjadi kesalahan yang tidak mengenakkan. 🙁

  5. semoga di kemudian hari tidak terjadi lagi mas…

  6. wah phising tuh masuk kategori kegiatan black hack juga ya mas….???wah ngatasinya gmana tuh?phising apa berlaku juga untuk blog?
    Mohon maap banyak tanya saya gak ngerti dunia ginian…..

    Salam kenal ya…

  7. Mampir ke blog ini saya jadi sedikit mengerti tentang phising..
    Tapi sekarang blognya udah baik baik saja kan Mas? Dan tetap semangat tentunya, hehe..
    Saya doakan semoga nggak kena yang macem2 lagi. Salam hangat Mas..

    • amin masBro, tqu dah mampir.lama tak bersua ya di dunia blog, hehe. salam petualang 😀

  8. wualaaah… saya juga kemaren kena begitu mas… tapi bukan phising sih, jadi orang yang baca twit update mengenai post ku di twitter malah dapat url link ngaco.. kckckck..

  9. Pendar Bintang
    June 30, 2011 - 9:41 pm

    Sering banget dapat email yang minta kek gituan, tapi gak pernah aku balas sih…terus aoa hubungannya dengan webhosting???kagak ngerti dech….

    • @ pendar hanila : oh sering gitu ya, aku sih gak sering, perihal email phising baru dapet tuh. baru kena gitu. gak ada hubunganya ko ama webhosting. datang di saat yang bersamaan aja, hehe. tqu

      • Pendar Bintang
        July 14, 2011 - 9:07 pm

        Sekarang malah makin menggila…saya menerima e-mail kek gitu sehari sampai 5 email dan gak masuk SPAMBOX dan saya yakin yang masuk SPAMBOX nggak kalah banyak seperti di Gmail…tapi mereka lakukan itu emang demi bisnis online yg mereka jalani sepertinya….tapi sangat merugikan ini,,,

        • wah gitu ya. makin seru berarti ya. hehe. kalau saya kan sampai di suspend web nya, jadi gak bisa di akses gitu. mana udah bayar kan web hostingan nya. hehe. tetep semangat atuh ya :d

  10. wdh .. bisa begitu ya,, repot urusannya .. semoga cpet kelar ya ..

    salam 🙂

  11. hehe,,,derita yg punya domain berbayar kan bang..
    sudah biasa donk ya? salam

  12. wah malah baru tau saya istilah phising ,,.,,hhehe
    terimakasih sudah mampir di blog saya
    salam sukses,,

  13. mensuportmu bang….
    salam hangat

  14. bundadontworry
    June 27, 2011 - 3:11 pm

    yang dimaksud kena phising itu apa sih Mamin? di banned gituh ya?
    kok kenapa krn kesalahan yg diasumsikan dilakukan oleh orang lain, jd kita yg kena getahnya?
    atau ini cuma akal2an si penyewa hosting aja, agar kita perpanjang masa hidup blog kita?
    duh, bunda teh meuni lieur ih, jadinya 🙁
    ( salah sendiri, kenapa gaptek ya) :
    salam

    • @ bunda: ya gitu bunda phising seperti yang dijelaskan itu, mencoba mencuri informasi penting dengan nyamar jadi pihak yang terpercaya gitu melalui email contohna. hehe.
      @ kezedot : ati2 kejedot bang 😛

  15. phising itu apa mas?!?!?!

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *